Kebutuhan untuk melakukan olahraga dari rumah kian tinggi. Untuk mempermudah latihan, kamu juga bisa menggunakan sejumlah alat bantu sederhana.

Olahraga di rumah sangat mungkin dilakukan tanpa alat. Namun, penggunaan alat bantu olahraga dapat meningkatkan efektivitasnya. Beberapa perlengkapan atau alat olahraga dapat disimpan dengan praktis dan terjangkau harganya. Simak beberapa alat yang bisa menjadi pilihanmu.

1. Matras yoga

Kamu yang kerap yoga atau berencana melakukannya memerlukan perlengkapan ini. Untuk yoga dan senam lantai, alat ini berfungsi sebagai pelindung tubuh dari benturan dan tumpuan agar pijakan lebih stabil.

Sediakan matras yoga di rumah, dan kamu lebih bebas mengeksplorasi gerakan yoga atau peregangan yang lain. Apalagi, sekarang panduan-panduan untuk olahraga dengan berbagai pilihan tingkat kesulitan tersedia pula dalam video-video yang dapat diakses secara daring.

2. Tali skipping

alat olahraga skipping
Foto: Shutterstock.

Tali skipping adalah alat yang mudah digunakan, praktis disimpan, dan terjangkau harganya. Olahraga melompat dengan bantuan tali skipping menjadi pembakar kalori yang baik dan menyehatkan jantung. Olahraga yang memberi tekanan langsung ke lutut, pergelangan kaki, dan pinggul ini juga akan menguatkan tubuh bagian atas dan bawah.

3. Resistance band

Resistance band yang terbuat dari karet berfungsi menambahkan beban pada gerakan olahraga yang kamu lakukan. Alat ini dapat membantu melatih otot besar dan otot kecil. Ada begitu banyak panduan menggunakan resitance band untuk menargetkan otot tertentu yang dapat diakses secara daring. Bentuk resistance band yang ringkas dan fleksibel juga memudahkanmu untuk membawanya ke mana-mana.

4. Barbel

Barbel adalah alat latihan beban sederhana yang beratnya sangat bervariasi. Jika belum terbiasa dengan olahraga angkat beban, kamu disarankan untuk memilih beban yang ringan dahulu. Barbel dapat membantu mengaktifkan sejumlah otot dan menstimulasi pertumbuhan otot. Alat ini juga membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot. Selain itu, barbel bermanfaat untuk melatih koordinasi otot dan sendi.

5. Gliding disc

alat olahraga gliding disc
Foto: Shutterstock.

Gliding disc atau sliders adalah alat bantu berbentuk bulat pipih yang dapat melancarkan gerak tubuh pada permukaan datar. Dengan mengurangi gesekan antara tubuh dan permukaan, kamu tidak perlu mengangkat tangan atau kaki yang menjadi tumpuan saat berolahraga. Ini memudahkan sendi untuk bergerak. Kalau kamu mencari alat bantu untuk olahraga low impact sekaligus ini melatih kekuatan otot, sliders dapat menjadi pilihan.

 

Baca juga:

Panduan Berolahraga ketika Terinfeksi Covid-19

Olahraga yang Aman Dilakukan saat Sakit Ringan

5 Olahraga Ringan selama Bekerja dari Rumah