Postur tubuh yang buruk dapat disebabkan berbagai aktivitas, seperti kebanyakan duduk, menatap layar komputer terus-terusan, terlalu banyak menggunakan ponsel, membawa tas pada sisi bahu yang sama, atau bahkan salah posisi tidur.

Posisi seperti itu bisa berkembang menjadi kebiasaan, yang lantas menyebabkan serangkaian keluhan pada tubuh. Misalnya, nyeri pada punggung, pinggang, atau leher. Untungnya, faktor-faktor utama yang memengaruhi postur tubuh adalah sesuatu yang berada di dalam kendali kita.

Jadi, sekarang, cek apakah posturmu sudah baik dan kenali sejumlah kiat untuk memperbaiki postur tubuh.

1. Jangan membungkuk

Membungkuk, baik ketika berdiri maupun duduk, akan menambah tekanan pada tulang belakang. Tulang, otot, dan sendi jadi tegang untuk menjaga posisi tulang belakang.

Namun, tak hanya buruk untuk postur, sikap membungkuk juga membuat paru-paru dan usus bekerja lebih keras. Lama-kelamaan, ini membuat tubuh lebih sulit mencerna makanan atau memasukkan udara lebih banyak ketika kita bernapas.

2. Berdiri dan berjalan tegak

Ini cara yang ampuh untuk mencegah postur buruk. Berdirilah seolah-olah kamu merapat ke tembok untuk mengukur tinggi badan. Pertahankan posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Baca juga:

3. Jangan melorotkan badan ketika duduk

Barangkali buatmu terasa cukup nyaman untuk duduk melorot dan bahu turun. Namun, itu tak baik untuk postur. Alih-alih, cobalah lakukan hal ini: letakkan bantal kecil, bantal khusus untuk punggung, atau handuk gulung di sandaran kursi untuk melindungi lengkung alami tulang belakang. Tekuk lutut dengan tinggi yang sejajar dengan pinggang, atau sedikit lebih tinggi, dan letakkan telapak kaki mendatar di atas lantai.

4. Waspadai sindrom text neck

Text neck atau tech neck adalah istilah yang kerap digunakan untuk merujuk pada kondisi terjadinya stres atau cedera pada leher karena penggunaan berlebihan otot-otot leher, punggung, dan bahu akibat kebiasaan posisi kepala menunduk dalam rentang lama. Biasanya ini terjadi ketika seseorang terlampau kerap memakai gawai, seperti ketika mengetik pesan, bermain gim, mengakses media sosial, membaca, dan sebagainya. Sering-seringlah ambil jeda untuk meregangkan otot.

5. Perbaiki posisi menyetir

Beberapa orang menyetir dengan sandaran punggung yang direndahkan. Ini juga tak baik untuk postur tubuh. Lebih baik dekatkan jok ke arah kemudi. Tekuk lutut sedikit. Jangan lupa tempatkan bantal kecil atau sandaran punggung khusus untuk ekstra topangan.

6. Hindari sepatu dengan hak tinggi untuk rutinitas sehari-hari

Kakimu mungkin jadi tampak indah, tapi posturmu tidak sehat. Sepatu berhak tinggi mendesak dasar tulang belakang ke arah depan, yang membuat punggungmu jadi terlalu melengkung. Ini dapat memicu nyeri punggung. Sepatu dengan hak tinggi juga menambah beban pada lutut. Pilihlah sepatu yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari.

7. Pilih matras yang baik

Hindari matras yang terlalu empuk. Pilih yang padat untuk membantu menjaga bentuk alami tulang belakang. Kalau kamu kerap tidur menyamping, tekuk lutut sedikit. Pakai bantai yang agak tinggi sehingga level kepala sejajar dengan tulang belakang. Kamu yang biasa tidur telentang harus menghindari bantal tebal, atau bisa memilih bantal dengan penyangga leher.

8. Berolahraga dan kencangkan otot perut

Perut yang buncit akan menambah beban punggung. Kamu butuh otot yang kuat untuk menopang tulang belakang. Olahraga penting untuk menjaga tubuh dan tulang belakang pada posisi naturalnya. Kalau kamu khawatir dengan olahraga high impact, cobalah tai chi.

 Baca juga:

Postur tubuh buruk dan dampaknya