Lampu gantung dapat menjadi elemen dekorasi yang kuat sekaligus manis untuk ruanganmu. Namun, kadang butuh trik-trik khusus untuk membuatnya selaras dengan ruangan.

Lampu gantung yang terlalu kecil, terlalu besar, atau yang rasa desainnya terlalu berbeda dengan keseluruhan tema ruangan mungkin tidak enak dipandang. Oleh karena itu, pemilihan dan penempatan lampu gantung perlu dipertimbangkan masak-masak.

Kalau ingin mendekorasi ruangan dengan lampu ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  • Pilih ukuran lampu gantung yang proporsional dengan ruangan

Proporsi yang tepat antara lampu gantung dan ruangan adalah kunci pertama agar lampu gantung tampak oke. Ada beberapa cara untuk menentukan ukuran lampu gantung. Salah satu yang paling banyak dipakai adalah menambahkan panjang dan lebar dimensi ruangan, lalu membagi angka itu dengan 12. Misalnya, ruanganmu 3 x 4 meter. Penghitungannya begini:

(3+4) : 12 = 0,583 meter

Maka, ukuran lampu gantung yang pas adalah sekitar 50–60 cm.

  • Sesuaikan dengan tone warna ruangan

Lampu gantung adalah ekstensi gaya sebuah ruangan. Ketika memilih lampu gantung, kamu juga harus memikirkan warna yang sesuai atau komplementer dengan warna ruanganmu. Jika ruanganmu lebih banyak berwarna pastel misalnya, pilihlah lampu gantung yang masih ada di rentang warna itu. Kalau dindingmu berwarna putih dan kamu ingin menghadirkan kontras, cari elemen warna lain (entah dari furnitur atau lukisan) di dalam ruanganmu. Warna ini bisa kamu samakan dengan warna lampu gantungmu.

  • Perhatikan material lampu gantung

Lampu gantung jauh lebih bervariasi ketimbang sekadar lampu kristal. Pilihlah lampu gantung dengan material yang sejalan dengan tema desain ruangan secara keseluruhan. Kalau ruanganmu eklektik yang kamu ingin menghadirkan kesan dramatis, kamu bisa memilih lampu berbahan kaca yang dicat, logam yang berkilau, atau lampu gantung susun yang bentuknya menyerupai bohlam.

Apabila ruanganmu bergaya natural atau rustic, kamu bisa memasang lampu gantung berbahan rami, kayu, atau kulit kerang. Untuk kesan yang lebih minimalis, carilah lampu gantung yang cenderung polos, tetapi mempunyai detail yang cantik, seperti lampu dengan desain geometrik.

  • Pasang dengan pengukuran yang tepat

Kesalahan pengukuran dalam memasang lampu gantung bisa membuat ruangan tampak tidak seimbang. Ada beberapa panduan yang bisa diikuti untuk menempatkan lampu gantung, tergantung kamu ingin menaruhnya di mana. Di ruang makan, misalnya, para pakar secara umum sepakat jarak antara meja dan bagian dasar lampu sekitar 70–90 cm. Pastikan kamu membeli lampu yang talinya bisa fleksibel diatur, ya!

Baca juga:

Membeli atau Menyewa Rumah, Mana yang Cocok untukmu?

Interior Rumah Makin Indah dengan Pencahayaan Buatan

5 Tips Berbenah Rumah ala Marie Kondo

Infografik lampu gantung