Marie Kondo, pakar dalam menata rumah itu, memberikan kita banyak kiat berharga dalam mengelola ruangan. Ini tips berbenah rumah ala marie Kondo.

Marie Kondo telah mendapat banyak pengakuan sebagai konsultan pengorganisasian ruangan. Buku Marie Kondo yang berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing telah terjual lebih dari 2 juta eksemplar.

Metode KonMari yang diciptakannya untuk menyederhanakan penataan rumah telah diterapkan jutaan orang. Bagaimana membereskan rumah ala Marie Kondo? Simak tipsnya berikut ini.

1. Mulai berdasarkan kategori, bukan ruangan

merapikan rumah dengan sortir barang berdasarkan kategori

Merapikan rumah bisa jadi pekerjaan besar. Jadi, penting untuk merencanakannya sebelum memulai. Menata ruang demi ruang mungkin terdengar efisien. Namun, menurut Kondo, kita mestinya mulai berdasarkan kategori. Misalnya, handuk, buku, aksesori, dan lain-lain. Dengan begitu, kita bisa fokus menyimpannya di tempat yang semestinya.

2. Simpan hanya barang yang membuatmu bahagia

Mantra yang satu ini sangat terkenal dan menjadi fondasi seluruh metode penataan rumah ala KonMari. Sebelum menata barang, sortir dulu. Tidak perlu menyimpan barang yang sudah jarang digunakan lagi. Simpan hanya yang benar-benar kamu suka.

3. Jangan biarkan nostalgia mengaburkan penilaian

Di rumah, ada banyak barang yang kita anggap sebagai kenang-kenangan. Sebagian memang benar-benar berarti, sebagian yang lain mungkin sudah saatnya disortir untuk disingkirkan. Atau, jika tetap ingin menyimpannya, temukan cara yang lebih rapi dan lebih memudahkanmu untuk melihatnya kembali. Misalnya, menyimpan kartu-kartu ucapan di dalam semacam scrapbook.

4. Pelajari cara melipat

This slideshow requires JavaScript.

Kondo memberi tahu kita cara melipat yang efisien untuk hampir semua benda berbahan tekstil. Kaos, kemeja, celana panjang, kaos kaki, dan lain-lain. Kamu bisa cari tahu lewat infografik atau video yang bisa dengan mudah ditemukan daring.

5. Simpan secara vertikal

Mungkin kita terbiasa menumpuk pakaian kita di lemari. Namun, pakar beberes Marie Kondo menyarankan kita untuk menyimpannya secara vertikal atau berdiri sehingga posisi masing-masing barang bersisian dengan yang lain. Seperti kita melihat punggung buku pada barisan buku di rak.

Cara ini, menurut Kondo, memungkinkan kita untuk dengan cepat tahu apa saja yang kita punya. Ini juga memudahkan kita ketika mau memilih pakaian untuk dikenakan. Bisa juga pisahkan pakaian berdasarkan kategori jenis pakaian (kaos, celana, kemeja, gaun, dan lain-lain), serta warna.

Kesadaran ini juga membuat kita punya pertimbangan yang lebih matang ketika akan membeli baju karena dapat menghindari pembelian pakaian yang sebenarnya sudah mirip dengan apa yang kita miliki. Semoga tips ini membantu kamu yang sedang berniat beres-beres rumah!