Memasuki tahun 2020, mungkin Anda bosan dengan tampilan rumah yang itu-itu saja. Kini, saatnya Anda mengubah tampilan isi rumah agar terlihat lebih segar. Tak perlu besar-besaran, dengan sedikit sentuhan, Anda bisa mendapatkan suasana rumah yang baru.

Berkreasi dengan dinding

rumah jadi lebih segar

Salah satu cara mudah mendapatkan tampilan rumah yang baru adalah mengecat dinding rumah dengan warna cat baru. Jika selama ini bermain “aman” dengan warna putih, Anda bisa bereksperimen dengan warna-warna yang berbeda, seperti kuning atau oranye. Selain itu, Anda bisa memasang kertas pelapis dinding dengan motif favorit. Sederhananya lagi, Anda bisa menempelkan stiker dinding pada beberapa bagian ruangan.

Untuk mendapatkan kesan menarik, Anda juga bisa mengganti foto-foto dalam pigura. Momen-momen berkesan selama 2019, seperti kelahiran anggota keluarga baru, ulang tahun, liburan, dan pencapaian dapat dibuat semacam kolase yang terdiri atas pigura kecil.

Menata ulang interior

rumah jadi lebih segar

Cara lain mendapatkan tampilan rumah segar adalah menata ulang interior. Anda bisa mengubah posisi perabotan agar berbeda dari sebelumnya. Misalnya, menggeser sofa yang biasanya berada di tengah-tengah ruangan menjadi bagian pinggir ruangan. Anda bisa mengakali agar ruangan tampak lebih lapang dengan cara menyingkirkan perabotan yang kurang penting atau menambahkan cermin. Selain itu, Anda bisa mencoba meletakkan akuarium dan ikan hias sebagai elemen menarik dalam interior rumah Anda.

Baca juga : Dekorasi dengan Cara ini Agar Rumah Baru Tidak Kaku

Mengatur pencahayaan

rumah jadi lebih segar
Foto-foto: Shutterstock.com

Pencahayaan memegang peranan penting dalam setiap ruangan rumah, tetapi kadang dilupakan. Asalkan lampu menyala terang dan jendela terbuka, banyak orang berpikir masalah pencahayaan telah selesai. Padahal, jika Anda berani berkreasi, perubahan pengaturan pencahayaan bisa membuat rumah semakin berkesan.

Misalnya, Anda meletakkan lampu-lampu pada bagian dinding rumah tetapi tersembunyi. Anda juga bisa memasukkan sistem lampu LED di bawah furnitur yang akan memperkaya rumah dengan karakter unik. Selain itu, efek backlight bisa dimanfaatkan untuk membuat suasana ruangan menjadi lebih dramatis.

Namun, pastikan rumah yang mendapatkan penerangan unik tersebut bukanlah ruang yang membutuhkan pencahayaan maksimal seperti ruang baca. Anda bisa memasang lampu berwarna-warni sebagai pengganti lampu tidur.

Menyegarkan tampilan rumah bukanlah sesuatu yang sulit dan tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak. Dengan sedikit kreasi, Anda bisa menciptakan tampilan rumah yang berbeda sesuai keinginan. Selamat mencoba. [*]

Leave a Response