Saat pertama kali menginjakkan kaki di ruang huni yang baru, sering kali ruangan terasa dingin dan kaku. Muncul keinginan mulai mengutak-atiknya agar lebih sesuai dengan selera dan karakter Anda, tetapi bingung memulai dari mana. Berikut ini adalah beberapa cara penerapan dekorasi hunian baru Anda agar tidak kaku.

Bermain warna

Biarkan diri Anda bermain-main dengan warna dan kuas. Tentukan cat yang sesuai selera pribadi. Jika Anda ingin bermain aman, pilihlah warna-warna yang netral atau yang muda, seperti putih, krem, atau abu-abu. Anda juga bisa mengombinasikannya secara vertikal maupun horizontal. Misalnya, dinding bagian bawah Anda cat abu-abu dan bagian atasnya putih.

Jangan remehkan gorden

Jangan remehkan gorden untuk jendela. Sebagian orang menganggap bagian ini tidak begitu penting, bahkan menggunakan koran untuk menutupnya pada minggu-minggu pertama kepindahan. Namun, elemen ini ternyata punya peran yang cukup besar untuk membentuk atmosfer rumah. Gorden memberikan warna dan tekstur yang membuat ruangan lebih hidup.

Karpet kecil

Foto-foto: Shutterstock.com

Untuk perabot, terutama jika ruangan Anda tidak terlalu luas, pilihlah yang berwarna netral. Lantas, hidupkan suasana dengan membubuhkan warna pada aksesori-aksesori minor seperti bantal sofa, vas, atau taplak. Tambahkan pula rug atau karpet kecil pada area tertentu. Hal ini memberikan kesan multidimensi.

Baca juga : 6 Hal Menata Interior dengan Gaya Rustic

Perhatikan pencahayaan

Selanjutnya, perhatikan pencahayaan. Tak hanya terang, Anda membutuhkan lampu yang bisa membangun suasana. Jika Anda ingin memunculkan kesan hangat, pakailah lampu yang warnanya sedikit kekuningan. Penempatannya juga mesti dipertimbangkan. Jika ingin menonjolkan area tertentu di apartemen, Anda bisa memakai lampu spot.

Memberi sarung

Jika Anda menyewa kos atau apartemen, tidak semuanya disewakan dalam keadaan benar-benar kosong. Sebagian semi-furnished atau sudah memiliki sejumlah perabot untuk kebutuhan dasar, seperti kursi atau meja. Bisa saja, Anda tidak begitu sreg dengan furnitur yang ada di hunian baru. Anda tidak mesti menggantinya. Anda dapat mencoba membuat perabot lama tersebut tampak berbeda misalnya dengan memberi sarung baru pada sofa atau kursi.

Aksesori DIY

Anda juga bisa bersenang-senang dengan kreasi sendiri. Cobalah membuat aksesori do it yourself (DIY), misalnya untuk hiasan dinding atau tatakan gelas. Selain bisa berhemat, Anda jadi bisa memberikan sentuhan personal pada hunian. Selamat berkreasi! [*]

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response