Eksistensi sebuah komunitas dapat dilihat dari perkembangannya. Semakin menjamur, berarti komunitas itu tumbuh baik. Hal inilah yang terjadi pada Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca).

Setelah meresmikan chapter ke-14, yaitu Serang Cilegon Rangkas Pandeglang dan sekitarnya (Secret) pada 3 September 2018, Tosca kembali meresmikan chapter barunya. Chapter ke-15 ini bernama Ciayumajakuning yang mencakup wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Peresmian ini dilakukan di Rejeki Toyota Cirebon. Secara keseluruhan, sudah 15 chapter yang sudah diresmikan dari 18 perwakilan Tosca di seluruh Indonesia.

Foto-foto dokumen Tosca

Deklarasi peresmian ini dihadiri lebih dari 75 kendaraan Toyota Sienta dari beberapa chapter Tosca, antara lain Chapter Tomcat, Chapter Boemerang, Chapter Debos, Chapter Purwasuka, Chapter Scatter, Chapter Jogja, dan Chapter Cyber. Khusus Tosca Chapter Cyber, deklarasi Chapter Ciayumajakuning bertepatan dengan agenda touring ke Kuningan.

This slideshow requires JavaScript.

 

Acara deklarasi berisi sambutan dari ketua pelaksana, ketua umum Tosca, ketua Chapter Tosca Ciayumajakuning, perwakilan Tosca Nusantara, dan perwakilan klub atau komunitas otomotif Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan serta Kepala Cabang Rejeki Toyota Iwan Sofyan Suri. Setelah itu, panitia mengadakan agenda wisata tur dalam kota Cirebon dengan mengunjungi tempat-tempat wisata lokal Cirebon dan cendera mata khas Cirebon. Hal ini dilakukan karena Tosca merupakan komunitas yang mendukung pesona Indonesia dalam setiap kegiatannya. Hal ini dikatakan Ketua Pelaksana Dede Handayana.

Peresmian chapter ini disimbolkan dengan pemotongan tumpeng dan penandatanganan deklarasi yang disaksikan seluruh peserta undangan. Ketua Tosca Chapter Ciayumajakuning Harish Ahmad menjelaskan, maksud dan tujuan dari pendeklarasian ini adalah semoga Tosca chapter ini bisa lebih maksimal dalam memajukan klub atau komunitas Toyota Sienta di Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan. Dan, menjadi salah satu komunitas pelopor keselamatan di jalan raya serta selalu menjadi chapter yang membanggakan di Tosca.

Acara dimeriahkan dengan acara hiburan, yaitu peserta yang hadir disuguhkan tarian tradisonal khas budaya Cirebon yaitu Tari Topeng. Selain acara hiburan peserta yang datang dihidangkan makan siang serta mengikuti pembagian doorprize yang diberikan oleh pihak-pihak sponsor.

“Semoga Tosca Chapter Ciayumajakuning serta Tosca seluruh Indonesia bisa terus berjaya, berkembang, berbuat yang terbaik demi kemajuan Toyota Sienta Community Indonesia dan berguna setidaknya bagi anggota, masyarakat sekitar, atau dunia otomotif Indonesia. Selaras dengan moto Tosca, yakni One Family sebagai semangat pemersatu Toscaner di mana pun berada. Tosca akan selalu concern dengan tertib berlalu lintas karena kita menjadi duta Komunitas Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas dan tidak menggunakan strobo atau sirene di jalan,” pungkas Ketua Umum Tosca Nandang Sugianto. [*/VTO]