Telaga Seafood BSD City pada Sabtu (30/11/2019) pagi mendadak ramai dengan mobil-mobil berwarna perak (silver). Para pemilik mobil tersebut berkumpul untuk mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 Silver Cars Community (Silverians).

Komunitas otomotif yang berangkat dari forum mailing list pada 2013 ini memang menyatukan para pemilik mobil dari berbagai merek, tetapi berwarna perak. Pada munas ini, selain penyempurnaan AD/ART, diadakan juga pemilihan ketua umum baru.

Acara berjalan sesuai agenda. Dibuka dengan sambutan, kesepakatan akhirnya dicapai dan memilih John Martin dan Diajeng Ayu sebagai pemimpin sidang Munas VI Silverians.

Foto-foto: dok. Silver Cars Community.

Sidang dimulai dengan membahas AD/ART. Terdapat beberapa masukan dari perwakilan anggota agar perubahan yang terjadi bisa sesuai dengan kondisi dan perkembangan zaman.

Beberapa perubahan yang dihasilkan dalam musyawarah ini, di antaranya Perubahan Anggaran Dasar Silverians, yaitu dewan pembina yang beranggotakan mantan ketua umum yang pernah menjabat dalam kepengurusan nasional Silverians dan perubahan badan pengurus yang mencakup pengurus nasional, regional, dan chapter.

Pembahasan perubahan AD/ART berjalan dengan hangat penuh rasa kekeluargaan. Musyawarah pun berjalan baik dengan antusiasme para member yang ikut berkontribusi memberikan input positif.

Agenda dilanjutkan dengan pemilihan ketua umum melalui mekanisme pemungutan suara langsung yang dilakukan oleh semua member yang menghadiri munas ini. Pemungutan suara pertama menghasilkan dua suara kandidat sebagai Ketua Umum Silverians periode 2019–2021, yaitu Syaiful 0076 (Batavia) dan Juliandries Yagiandara 0666 (Tangray).

Setelah mufakat akan hasil pemilihan kandidat, forum rehat selama 30 menit dan ketua sidang melakukan pemungutan suara terhadap member Silver Cars Community Indonesia yang tidak dapat menghadiri Munas Silverians melalui pemungutan suara pada grup Whatsapp resmi lintas chapter Silverians.

Adapun bobot suara pemilih yang tidak hadir dalam munas adalah 0,5 persen per member dengan durasi waktu 45 menit. Setelah selesai langsung dilakukan pemilihan suara, dan dilanjutkan dengan pemilihan langsung member yang hadir pada forum Munas Silverians, dan bobot suara penuh 1 suara per member yang hadir.

Akhirnya tepat pukul 8 malam, Ketua Umum Silverians Periode 2019–2021 diputuskan dan diberikan kepaada Syaiful 0076 (Batavia) dengan suara sebesar 49 persen. Sementara itu, Juliandries Yagiandara sebesar 33 persen, dengan suara tidak sah sebesar 18 persen. Silver Cars Community Indonesia pun sukses menyelenggarakan demokrasi. [*]

Leave a Response