Bayangkan bila tempat tinggal kita tak terdapat taman atau pot-pot yang berisi tanaman hijau. Kesannya pasti kaku, sepi, silau, panas, dan berdebu.

Taman ibarat menjadi make up untuk rumah kita, baik di dalam maupun di luar ruang. Selain mempercantik penampilan rumah, taman menjadi saringan udara.

Namun, banyak orang berpikir, menghijaukan rumah membutuhkan lahan yang luas. Itu memang tak salah, tetapi bukan berarti jika lahan yang kita miliki terbatas, kesempatan memiliki lahan hijau menjadi sirna. Menghadirkan penghijauan di lahan yang mungil membutuhkan cara khusus.

Menanam di grassblock

Kamu bisa menanam rumput pada grassblock. Langkah ini menjadi jalan keluar yang oke jika di rumah tak ada lagi lahan untuk penghijauan. Grassblock biasanya menjadi lantai garasi mobil atau selasar.

Cara menanam rumput di medium ini dimulai dengan mengisi lubang di tengah grassblock atau di antara batu dengan tanah yang dicampur kompos atau pupuk kandang. Sisakan ruang sekitar 2 sentimeter dari permukaan atas batu dan tanah.

Kemudian tancapkan bibit rumput di lubang grassblock. Tekan tanah setelah bibit rumput ditanam agar akarnya menyatu dengan tanah. Untuk jenis rumput, pilih rumput yang tumbuhnya relatif lambat dan tidak menjalar. Yang paling bagus adalah rumput yang bertekstur halus dan tumbuh tegak.

Di pasaran, rumput hias ada banyak pilihannya. Kamu bisa memilih rumput jepang, manila, gajah mini, atau rumput swiss yang memesona. Coba perhatikan perbedaan penampilan setiap jenis rumput dan pilih yang sesuai dengan rumah atau seleramu.

Sirami secukupnya

Selanjutnya, sirami rumput secara rutin pada pagi dan sore. Sebaiknya penyiraman dilakukan secukupnya jangan sampai banjir dan tidak terlalu kering. Jika dalam seminggu tidak terlihat adanya tanda-tanda pertumbuhan rumput, coba kembali untuk menekan pada area yang ditanami rumput. Misalnya, dengan memberi injakan.

Penghijauan juga bisa dilakukan dengan membuat pergola tanaman. Kamu bisa memanfaatkan lahan di bawahnya sebagai teras atau garasi, sehingga tak perlu khawatir lahan akan habis untuk taman.

Model-model grassblock atau pergola tanaman dapat kamu temukan di berbagai literatur. Sedangkan untuk memilih jenis tanaman, sebaiknya datang sendiri ke penjual tanaman hias agar kamu bisa langsung mengetahui kesesuaiannya dengan lahan yang tersedia. [*]

Baca juga: Keuntungan Bangun Rumah di Lahan Berkontur