Dunia konstruksi tak bisa dipisahkan dari penggunaan material besi. Membangun rumah, gedung, hingga jembatan membutuhkan besi. Material ini digunakan untuk memberikan kekuatan pada bangunan. Salah satu wujudnya berupa wiremesh atau anyaman besi/kawat.

Ada beberapa kegunaan wiremesh. Misalnya, sebagai plat beton yang diletakkan di tanah untuk mengeraskan struktur tanah sehingga mampu menopang beban-beban berat yang dipasang di atasnya.

Kegunaan wiremesh berikutnya untuk plat beton pada saluran pembuangan air hujan dari bagian atas. Juga untuk konstruksi gedung bertingkat. Plat beton kedua fungsi ini biasanya dipasang menggantung.

Wiremesh juga dipakai sebagai konstruksi jalan raya dan tol sebab anyaman besi ini sangat kuat saat menopang beban yang diam atau bergerak di atasnya. Selain itu, juga biasa digunakan sebagai tulangan drainase beton precast di antaranya culvert box, tutup buis beton, dan u ditch precast.

Rajutan besi ini juga amat berguna sebagai penguat plat lantai dan dak beton karena mampu menahan beban yang berat.

Ada beberapa model wiremesh, di antaranya special mesh, mining mesh, dan construction mesh. Berikut penjelasnya ketiganya, diolah dari sejumlah sumber.

Special mesh

Anyaman besi model ini bisa dibentuk sesuai kebutuhan. Mesh ini bisa dipasang di dalam balok dengan bentuk dan ukuran yang fleksibel. Jadi, tidak perlu mengubah bentuk balok tersebut. Special mesh tersedia atau bisa dibuat beberapa jenis. Contohnya, sphere atau berbentuk bulat, silinder atau tabung, brick atau balok, dan wedge yang bisa membentuk obyeknya menjadi seperti pasak. Special mesh jenis balok paling sering digunakan.

Mining mesh

Wiremesh ini wujudnya seperti jala. Bentuk ini dibuat dengan potongan flush di bagian pinggirnya untuk kebutuhan keselamatan, kemudahan instalasi, dan meningkatkan penanganan. Di pabrik, mining mesh biasanya diproduksi dengan cara dibakar. Batangan-batangan kawat atau besi yang digunakan merupakan jenis tahan listrik. Kawat atau besi kemudian dilas secara bersamaan hingga membentuk anyaman seperti jala. Mesh ini dirancang juga untuk menambah keamanan para pekerja di bagian atap atau rusuk suatu gedung. Mining mesh tersedia dalam bentuk gulungan atau lembaran.

 Construction mesh

Mesh konstruksi cukup umum digunakan sebagai komponen pembangunan jembatan atau terowongan dan penguat konstruksi tambang batubara. Kegunaan mesh ini ada beberapa, semisalnya untuk memanaskan lantai atau memperkokoh dinding. Bentuknya juga bisa berupa logam berlubang, kawat las, atau logam yang diperluas (espanded metal). Adapun bahan mesh konstruksi terbuat dari baja antikarat atau fiberglass.

Saat berencana membangun rumah, kamu juga bisa bertanya tentang kebutuhan dan model wiremesh kepada kontraktor yang kamu pilih. Kamu juga bisa melihat-lihat dulu contoh wiremesh di supermarket bangunan terdekat. [*]

Baca jugaFondasi Dangkal yang Biasa Digunakan untuk Membangun Rumah