Dalam dunia bisnis, perkembangan karier seseorang tidak selalu ditentukan kecerdasan, kepintaran, keterampilan, dan kemahiran. Satu hal lagi yang penting, tetapi sering diabaikan adalah etiket dalam bekerja.

Seorang karyawan belum tentu bekerja sendirian. Akan tetapi, dalam suatu tim, suatu kerja sama antarkaryawan mutlak diperlukan. Dengan demikian, satu sama lain harus saling berhubungan dan berinteraksi untuk saling melemparkan ide dan mencari solusi dari setiap masalah. Bahkan, etiket ini diperlukan juga oleh mereka yang berhubungan dengan kantor lain, seperti halnya bagian marketing atau promosi.

Menjaga hubungan kerja pun memerlukan sosok yang sopan dan santun dalam bertutur kata, memiliki sikap profesionalisme dalam bekerja, serta didukung oleh attitude, passion, dan keterampilan.

Sikap-sikap yang dimaksud tentunya mencakup prinsip-prinsip sopan santun, mulai dari cara berkenalan yang baik, sikap ketika menghadap atasan, cara menerima tamu di kantor, cara menjadi tamu di sebuah kantor, termasuk ketika bertelepon.

Saat berkomunikasi, misalnya. Tatap mata lawan bicara Anda dan jangan sekali-sekali mendengar pembicaraan sambil membuang pandangan mata. Hindarilah berbicara dengan suara yang terlalu keras atau berbicara dengan mulut penuh makanan. Untuk memperjelas topik pembicaraan, tak ada salahnya Anda menyertai bantuan gerakan tangan, bahu, atau kepala asal jangan berlebihan. Hindarilah juga mendominasi pembicaraan atau sering menyela saat orang lain sedang berbicara. Ingat, pendapat sendiri belum tentu benar, jadi hargai juga pendapat orang lain.

Hal ini menjadi sangat penting bagi mereka yang profesinya banyak bertemu dengan orang lain, terutama mereka yang bekerja membawa nama perusahaan. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila seorang karyawan dari perusahaan ternama berbicara kasar dengan atasan atau bahkan relasi bisnisnya. Bisa ditebak kariernya akan mandek, bahkan di ambang kehancuran.

Oleh karena itu, tanamkanlah selalu sikap disiplin, kejujuran, dan tentunya etiket dalam bekerja untuk mendapatkan perkembangan karier serta bisnis yang berkembang pesat. [AYA]