Suatu siang, Dira menerima pesan Whatsapp dari temannya yang bertanya apakah Dira mengontaknya lewat Instagram. Diterangkan temannya itu, ia menerima pesan langsung (direct message) dari akun Dira yang memintanya mengirim sejumlah uang ke rekening dengan nama lain. Dira tersentak karena ia tidak merasa melakukannya.
Lalu mereka sadar, akun Instagram Dira telah dibajak. Diiringi panik, sisa hari itu dihabiskan Dira untuk melaporkan akun Instagramnya, mengganti status di Whatsapp bahwa akun Instagramnya dibajak, dan melaporkan nomor rekening yang disebutkan peretas ke bank bersangkutan.
Kejadian-kejadian itu bisa saja kita alami. Entah sebagai korban kejahatan siber yang akunnya diretas ataupun orang yang ditipu karena pihak lain yang membajak kita kira kenalan kita. Dira bercerita, karena pesan dari pembajak itu, beberapa temannya sudah mentransfer uang ke rekening peretas.
Hal-hal tersebut tentu harus diantisipasi. Sebagai penerima pesan, jika mendapatkan pesan mencurigakan, sebaiknya, pertama, cek ke orang yang bersangkutan. Kontak dengan menelepon atau mengirimkan pesan.
Apabila kamu adalah orang yang akunnya dibajak, jangan buru-buru panik. Segera laporkan akunmu ke Instagram. Berikut ini, cara melakukannya.
1. Akses pusat bantuan Instagram
Pusat bantuan Instagram adalah fitur yang disediakan platform ini untuk memberikan layanan bagi mereka yang akunnya bermasalah, termasuk apabila akun tersebut dibajak. Layanan ini bisa diakses dengan mengunjungi laman help.instagram.com.
2. Pilih menu “Pusat Privasi dan Keselamatan”
Ada beberapa pilihan setelah kamu masuk ke pusat bantuan Instagram. Lihatlah deret paling kiri dan klik opsi “Pusat Privasi dan Keselamatan”. Di sini, Instagram menjelaskan soal privasi dan keamanan setiap individu, bahkan ada pula beragam kiat untuk memastikan akunmu lebih aman, seperti mengelola visibilitas, memblokir orang, cara menangani penyalahgunaan, dan lain-lain.
3. Pilih opsi “Melaporkan Sesuatu”
Dari menu di “Pusat Privasi dan Keselamatan”, pilih opsi “Melaporkan Sesuatu”. Instagram telah memuat daftar kemungkinan kasus atau permasalahan umum yang bisa terjadi pada akun Instagram. Ini termasuk misalnya perlindungan hak kekayaan intelektual, pengungkapan informasi pribadi, penyalahgunaan dan spam, serta tentu saja pembajakan akun. Untuk kasus pembajakan, pilih opsi “Akun yang Dibajak” pada deret paling atas.
4. Klik pilihan “Sepertinya akun saya diretas”
Pada opsi “akun yang dibajak” yang telah kamu pilih sebelumnya, terdapat dua poin yang ditandai Instagram sebagai aktivitas yang mencurigakan, yaitu akun Instagram yang mengunggah informasi tanpa izin dan peretasan akun. Klik poin “Sepertinya akun saya diretas”.
5. Pilih cara mengembalikan akun Instagram
Apakah kamu masih bisa login ke akunmu? Apabila kamu merasa akun sudah diretas tapi masih bisa login, ada beberapa langkah untuk mengamankannya.
Pilihan pertama, ubah kata sandi atau mintalah surel untuk mengeset ulang kata sandi. Kedua opsi ini bisa langsung kamu klik di laman ini. Pilihan kedua, batalkan akses ke aplikasi pihak ketika yang mencurigakan. Pilihan ketiga, aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan.
Jika kamu sudah tidak bisa login ke akunmu, cobalah langkah berikut. Pertama, periksa akun surel untuk mengecek apakah ada pesan dari Instagram yang memberi tahu bahwa alamat surelmu yang terhubung dengan Instagram telah diubah.
Notifikasi itu biasanya muncul jika seseorang berupaya mengalihkan surelmu yang digunakan untuk mengakses Instagram ke surelnya sendiri. Jika ada, gunakan opsi “kembalikan perubahan ini” agar akun Instagram berada dalam kendalimu lagi. Apabila alamat surelmu tidak bisa dikembalikan, laporkan akunmu ke Instagram.
Untuk membantu Instagram mengonfirmasi bahwa kamu adalah benar pemilik akun, mintalah Instagram mengirimkan tautan login ke alamat surel atau nomor teleponmu. Untuk melakukan ini, di layar login ketuklah opsi “Dapatkan bantuan untu login” untuk Android atau “Lupa kata sandi?” untuk iOS. Setelah itu, pilih alamat surel atau nomor telepon untuk dikirimi tautan login.
Apabila akun belum juga dapat dipulihkan dengan kode keamanan, laporkan akunmu ke Instagram. Untuk Android, di layar login pilih “Dapatkan bantuan untuk login”. Setelah itu, masukkan nama pengguna, surel, dan nomor teleponmu. Lalu ketuk “Perlu bantuan lain?” dan ikuti petunjuk di layar. Untuk iOS, klik “Lupa kata sandi?” dilanjutkan dengan ketuk “Perlu bantuan lain”. Pilih tombol “Berikutnya” dan ikuti petunjuk di layar.
Baca juga :
Tindak lanjut setelah melapor
Perlu diketahui, setelah mengirimkan laporan resmi ke Instagram tentang akun yang diretas, akun Instagrammu akan hilang karena Instagram menghapus akun ini. Ini adalah langkah Instagram untuk melindungi akunmu.
Informasi lebih lanjut soal akunmu akan disampaikan Instagram lewat surel yang terdaftar. Oleh karena itu, rutinlah mengecek surel. Proses pelaporan ini biasanya memakan waktu 4–7 hari.
Kemudian, apabila peretasan Instagram juga melibatkan penipuan, misalnya permintaan untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening tertentu, laporkan pula rekening tersebut. Mungkin teman-temanmu menginformasikannya kepadamu.
Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila akun Instagram dibajak. Tentu saja, kita berharap semoga hal itu tidak terjadi.