Aplikasi pesan (chat) telah menjadi bagian dari keseharian kita. Kita memanfaatkannya untuk mengobrol, mengirim foto dan dokumen, atau melakukan panggilan suara dan video. Ada begitu banyak pilihan aplikasi pesan. Ketahui keunggulannya dan tentukan mana yang paling pas untukmu.

WhatsApp

Barangkali ini aplikasi pesan yang paling familier dan paling sering kita pakai. WhatsApp memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan instan, membuat grup, serta melakukan panggilan telepon dan video. Aplikasi ini bisa juga digunakan di beragam peramban (browser) atau diunduh versi desktop-nya.

Aplikasi ini pas dimiliki mereka yang membutuhkan grup yang cukup besar untuk saling bertukar pesan. WhatsApp memungkinkan kita membentuk grup sampai dengan 256 orang. Apabila kita membutuhkan grup tetapi tidak suka terinterupsi setiap saat karena pesan yang masuk, WhatsApp juga menawarkan opsi untuk mute grup selama 8 jam, 1 minggu, atau bahkan 1 tahun.

Facebook Messenger

aplikasi Facebook Messenger (Foto: messenger.com)

            Facebook tidak hanya jejaring sosial terbesar di dunia, tetapi juga memiliki aplikasi pesan kedua terbesar di dunia. Penggunanya kebanyakan warga AS. Dengan Messenger, kamu bisa terkoneksi dengan siapa saja yang punya akun Facebook. Bahkan, kamu bisa menjadi pengguna Messenger tanpa harus punya akun Facebook.

Seperti halnya WhatsApp, Messenger memungkinkan kita mengirimkan pesan maupun melakukan panggilan audio atau video. Selain itu, aplikasi ini menawarkan banyak gim. Kamu bisa bermain solo atau menantang temanmu untuk ikut serta. Messenger juga memudahkan kita berbagi beragam konten, misalnya resep masakan atau berita, karena terintegrasi dengan beberapa aplikasi pihak ketiga (third-party).

Line

aplikasi line (foto: (line.me/id)

Line paling banyak digunakan di Asia Timur. Dengan lebih dari 200 juta pengguna, aplikasi ini menjadi pilihan di Thailand, Taiwan, dan Jepang. Aplikasi ini punya beberapa lini yang memberikan nilai tambah, misalnya Line Games yang memungkinkanmu bermain gim dengan teman, Line Pay untuk mengirim dan menerima uang, dan Line Today yang menyajikan berita-berita populer.

Line juga punya banyak koleksi emoticon, cocok untuk kamu yang ekspresif ketika bertukar pesan. Kamu juga bisa mengirim foto beresolusi tinggi. Line juga menyediakan lini masa untuk profilmu, yaitu kamu bisa berbagi update tentang dirimu.

Snapchat

Yang paling membedakan Snapchat dengan aplikasi lain adalah kamu bisa mengirim konten multimedia yang disimpan dalam waktu terbatas sebelum konten ini dihapus. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk siaran video langsung dan bertukar pesan suara.

Snapchat adalah salah satu aplikasi pertama yang memungkinkan kita memakai filter augmented reality untuk ditempelkan pada gambar yang kita kirim. Aplikasi ini juga termasuk yang pertama memiliki fitur Stories, tempat kita bisa berbagi konten kepada pengikut dalam waktu 24 jam.

WeChat

WeChat yang digunakan sebagian besar warga China sering disebut sebagai “aplikasi untuk segalanya”. Pasalnya, fungsinya selain bertukar pesan mencakup juga media sosial, membagikan lokasi, sampai fitur pembayaran mobile. WeChat juga menyediakan fitur untuk berkirim kartu ucapan elektronik yang bisa dipersonifikasi.

Kakaotalk

aplikasi Kakaotalk (Foto: play.google.com/kakaotalk)

Aplikasi ini tidak banyak digunakan di luar Korea Selatan, tetapi tetap menawarkan fungsi-fungsi yang mumpuni untuk aplikasi pesan, meliputi pesan teks, suara, dan video. Keunggulannya, KakaoTalk punya beberapa fitur eksklusif, seperti KakaoTV, yang memungkinkan pengguna terhubung secara langsung dengan bintang KakaoTV. Pengguna juga bisa melihat siaran langsung beberapa selebritas Korea. Ini membuat aplikasi ini cocok untuk mereka yang menyukai budaya populer Korea.

Skype

Skype, sebagai salah satu aplikasi pesan paling awal, memungkinkan kita untuk berkirim pesan serta melakukan panggilan audio atau video secara gratis. Sebagai tambahan, Skype juga menyediakan opsi premium, yang memungkinkan kita melakukan panggilan telepon reguler dengan nomor telepon. Dengan Skype, kita juga bisa membagikan tampilan layar (screen sharing).

Telegram

Telegram memungkinkan penggunanya bertukar pesan teks, suara, dan video. Aplikasi ini punya fitur unik, Secret Chat. Pengguna yang mengaktifkan ini punya opsi untuk menentukan berapa lama pesan akan terhapus otomatis, dalam rentang 1 detik sampai 1 minggu setelah pesan dikirim.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin terkoneksi dengan banyak orang dalam sekali waktu. Telegram memungkinkan kita membuat grup masif sampai dengan 200 ribu orang. Telegram juga bebas dari iklan dan tidak terhubung dengan aplikasi lain untuk tujuan iklan.

Signal

aplikasi signal (Foto: signal.org/id/)

Seperti juga aplikasi-aplikasi pesan yang lain, fiturnya mencakup saling berkirim pesan teks, suara, video, juga dokumen. Kita bisa punya grup mengobrol sampai dengan 1.000 orang dan panggilan grup sampai dengan 8 orang. Keunggulannya, Signal mengklaim diri sebagai aplikasi yang menjunjung privasi. Segala bentuk komunikasi di Signal terlindung dengan enkripsi end-to-end. Artinya, hanya orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut yang dapat mengaksesnya.