Subgenre memotret flat lay merupakan bagian dari genre still life photography. Biasanya, teknik ini dilakukan dengan mengatur sejumlah obyek di atas bidang datar lalu difoto dari angle atas. Belakangan, jenis foto ini banyak digemari di Instagram karena enak dilihat dan terlihat “cantik”.

Walaupun sederhana, tidaklah mudah untuk menghasilkan foto flat lay yang enak dilihat. Berikut ini lima tips agar foto flat lay kamu enak dilihat dan Instagramable.

memotret flat lay1. Pastikan datangnya cahaya dari 1 arah saja

Ketika mengambil sebuah foto flat lay, pastikan sumber cahaya hanya satu. Misalnya, foto yang diambil dekat jendela akan memberikan kesan cahaya soft. Bayangan obyek pun tidak terlalu keras.

Jika terdapat lebih dari 1 sumber cahaya (misalnya, lampu kamar dalam keadaan menyala), bayangan yang timbul dari obyek akan lebih dari 1 juga. Bayangan tersebut akan mengganggu perhatian orang yang melihat foto.

2. Menggunakan lensa yang tepat

Menggunakan lensa yang tidak tepat akan menghasilkan foto tidak seperti yang diharapkan. Misalnya, menggunakan lensa wide. Jenis lensa ini tidak disarankan untuk foto flat lay karena akan menimbulkan kesan distorsi pada obyek. Gunakan lensa ber-focal length 50 milimeter atau lebih.

Baca juga : Kenali Beda Dolly dan Slider Agar Content Makin Keren

3. Komposisi warna dan posisi yang tepat untuk tiap obyek

Memotret flat lay layaknya mendesain. Warna tiap obyek sangatlah penting. Jangan sampai point of interest pada foto menjadi hilang. Komposisi tiap obyek pun tak kalah penting. Komposisi golden triangle dan rule of third bisa diterapkan untuk memotret flat lay.

memotret flat lay
FOTO-FOTO: IKLAN KOMPAS/IWAN ANDRYANTO.

4. Pilih properti yang sesuai tema

Properti yang tepat dapat memberikan cerita pada foto. Jika membuat foto masakan, manfaatkanlah bahan-bahan yang digunakan untuk memasak masakan tersebut. Perlengkapan masak dan makan juga bisa dijadikan sebagai obyek foto.

5. Gunakan “tripod”

Untuk menghindari kamera bergoyang (shaky), bisa menggunakan tripod. Tripod yang memiliki fitur horizontal arm akan sangat membantu untuk mengambil foto flat lay.

Leave a Response