Sudah bukan rahasia lagi jika banjir membuat barang-barang dan perabot di dalam rumah terendam, kotor, rusak, atau bahkan hanyut entah ke mana. Hal ini tentu saja sangat disayangkan, terlebih lagi jika barang-barang tersebut adalah barang antik atau barang-barang nostalgia yang penuh kenangan.

Kalau sudah begitu, jangan terburu-buru “melemparkan” furnitur atau barang antik tersebut ke pembuangan akhir alias tong sampah. Anda masih bisa kok menyelamatkannya. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan perabotan itu dengan cara yang hemat.

Perabotan Kayu

cara hemat Membersihkan perabotan

Untuk perabotan berbahan kayu, misalnya. Pertama, bersihkan perabotan kayu yang terendam air banjir itu dengan semprotan air bersih bertekanan tinggi agar benar-benar bersih. Setelah itu, coba gunakan mayones tanpa rasa kemudian oleskan pada bagian yang bernoda menggunakan lap lembut. Gosok-gosok agak kuat. Setelah kering, gosok lagi dengan lap bersih.

Karpet

cara hemat Membersihkan perabotan

Perawatan perabotan kayu, tentu tidak sama dengan karpet. Jika tak sempat menyelamatkan karpet kesayangan Anda saat banjir, ada cara mudah membersihkan karpet tanpa harus membawanya ke pusat pencucian atau binatu.

Caranya cukup mudah, letakkan karpet di lantai, kemudian siram sisi depan dan belakang karpet dengan air bersih bertekanan tinggi agar kotoran yang ada di dalam karpet keluar. Setelah itu, keluarkan sisa air pada karpet dengan menggunakan serokan air dari karet. Selanjutnya, cuci karpet dengan sampo. Lalu bilas dengan air bersih. Ulangi hingga air yang keluar dari karpet berwarna bening. Langkah terakhir, jemur karpet di bawah sinar matahari.

Baca juga : 4 Cara Merawat Furnitur Kayu pada Musim Hujan

Kasur atau sofa

cara hemat Membersihkan perabotan

Kasur atau sofa yang masih bisa diselamatkan dari banjir, terkadang masih menyimpan aroma tidak sedap. Langkah pertama adalah menjemurnya di bawah sinar matahari panas. Untuk menghilangkan bau bekas banjir yang bersarang di kasur, ada baiknya jika disiram pakai air kaporit. Sebagai antibakteri, larutkan dua sendok kaporit bubuk 90 persen dengan 10 liter air. Gunakan untuk membilas kasur dan sofa yang beraroma tidak sedap. Larutan ini bahkan juga bisa digunakan untuk lantai, kamar mandi. Setelah itu, jemur kasur kembali hingga kering.

Dengan beberapa langkah di atas, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian furnitur dan perabot baru. Tertarik untuk mencobanya?

1 Comment

Leave a Response