Pada musim hujan, perawatan furnitur yang terbuat dari kayu harus lebih diperhatikan. Pasalnya, udara yang lembab bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, yang rentan berkembang di benda-benda yang terbuat dari kayu. Kelembaban yang tinggi juga bisa membuat kayu mengembang, bahkan juga jadi lebih mudah lapuk. Berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk memelihara keawetan perabot kayu.

1. Lapisi dengan pernis atau wax

Merawat furnitur kayu

Menutup pori-pori kayu dengan lapisan tahan air seperti pernis atau wax bisa membuat perabot kayu lebih tahan lama. Pilih pernis yang bisa menangkal jamur dan sedapat mungkin ramah lingkungan. Anda juga bisa melapisi furnitur dengan lilin karnauba (carnauba wax) yang juga dapat membuat furnitur lebih mengilap.

2. Perhatikan peletakan

Merawat furnitur kayu

Di rumah atau dalam bangunan, ada area tertentu yang lebih rentan mengalami fluktuasi suhu, seperti di sisi sebelah barat atau di dekat bukaan lebar seperti pintu atau jendela. Hindari menaruh perabot di area tersebut karena fluktuasi dari suhu dingin ke panas dapat menyebabkan pembengkokan kayu. Pun jangan letakkan perabot kayu di tempat yang rawan terkena tempias, ini dapat menurunkan kualitas kayu. Hal lainnya, beri jarak antara dinding dan perabot kayu agar sirkulasi lebih baik dan kayu terhindar dari jamur.

3. Pakai pembersih kayu

Merawat furnitur kayu

Untuk membersihkan meja, lemari, kursi, atau lantai yang terbuat dari kayu, gunakanlah pembersih khusus kayu. Hindari menggunakan air atau lap basah karena ini dapat merusak vernis dan cat kayu, serta memicu timbulnya jamur.

4. Kontrol kelembaban

Merawat furnitur kayu

Tingkat kelembaban ideal direkomendasikan berada pada kisaran 45–65 persen. Di Indonesia, rata-rata kelembaban udaranya lebih tinggi ketimbang kelembaban ideal. Untuk mengetahui tingkat kelembaban, Anda dapat menggunakan humidistat atau hygrometer. Jika kelembaban udara terlalu tinggi, Anda dapat menggunakan dehumidifier untuk menurunkannya. Dengan begitu, perabot lebih terpelihara dan udara pun lebih menyehatkan.

Leave a Response