Rumah dengan lantai kayu akan terlihat lebih natural dan adem. Secara interior, kayu dengan tekstur berserat juga kian menambah estetika suatu ruangan. Oleh karena itu, lantai kayu masih sangat diminati sampai sekarang.

Lantai kayu yang tampak mengilap juga bisa menjadi aksen bagi rumah kita. Namun, merawat lantai kayu memang sedikit lebih repot, tak cukup hanya menyapunya. Berikut ini, beberapa cara untuk merawat lantai kayu agar tetap mengilap dan tak mudah rusak, disarikan dari beberapa sumber.

1. Hindari pel basah

Kayu mempunyai musuh utama, yaitu air. Oleh sebab itu, hindari mengepel lantai kayu dengan kain yang basah, apalagi yang mengandung sabun. Untuk menghilangkan kotoran atau noda, gunakan vacuum cleaner atau busa setengah basah. Sebagai pengganti sabun, kita bisa menggunakan sedikit air teh yang berfungsi juga untuk menjaga kilap lantai kayu. Setelah itu, pel dengan kain kering.

2. Gunakan alas kaki lembut

Sepatu berhak tinggi atau sepatu bot bisa menyebabkan lantai kayu tergores. Oleh sebab itu, sebelum memasuki rumah atau ruangan, lepaskan sepatu terlebih dulu atau tukar dengan alas kaki yang lembut atau bersol halus. Pastikan juga alas kaki juga bersih.

Baca juga: 8 Jasa Reparasi Sepatu yang Direkomendasikan di Jakarta

3. Pasang kaca film atau tirai

Bila rumah memiliki jendela yang besar sehingga membuat sinar matahari leluasa masuk, sebaiknya pasang kaca film. Ini untuk meredam paparan sinar UV yang bisa membuat warna lantai kayu cepat memudar. Namun, untuk menambah estetika ruangan, kita bisa mengganti kaca film dengan tirai yang disesuaikan tema interior rumah.

4. Pasang bantalan pada kaki-kaki perabotan

Perabotan seperti meja dan kursi sebaiknya diberi bantalan atau pelapis pada kaki-kakinya. Sebab, perabotan yang keras dan berat akan menggores lantai kayu terjadi gesekan.

Baca juga: 5 Trik Agar Tetap Nyaman Menggunakan Sepatu High Heels

5. Jangan seret perabotan

Saat memindahkan perabotan, lakukan dengan mengangkat dan meletakkan kembali secara pelan-pelan. Jangan pernah menyeret atau menggeser perabotan karena amat mungkin membuat lantai kayu lecet. Jika perabotan itu cukup berat dan harus diseret, sebisa mungkin kaki-kakinya dilapisi dengan dudukan atau kain yang lembut.

Foto: Shutterstock.com

Tags : properti
Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

2 Comments

Leave a Response