Ragam high heels

Published on June 27th, 2018 | by Kompas Klasika

5 Trik Agar Tetap Nyaman Menggunakan Sepatu High Heels

Bagi sebagian perempuan, ada rasa bangga dan percaya diri saat mengenakan sepatu hak tinggi (high heels shoes). Tampilan kaki pun tampak lebih jenjang. Sayangnya, ada risiko yang harus dialami ketika mengenakan sepatu tersebut berlama-lama. Antara lain kaki lecet, cidera pergelangan kaki, terkilir, keseimbangan tubuh tidak maksimal, dan meningkatkan risiko osteoartritis.  

 Untuk itu, ada beberapa trik untuk menyiasati agar pemakaian sepatu hak tinggi tetap nyaman dan sehat. Pertama, pilihlah sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki. Bentuk ujung jari kaki tiap orang biasanya bisa dibedakan menjadi ujung bulat, kotak, atau meruncing. Jika ujung jari kaki Anda berbentuk kotak, hindari memilih sepatu hak tinggi dengan ujung meruncing atau pointy/pointed shoes agar jari-jari kaki tidak lecet.

Kedua, pilihlah sepatu high heels dengan bagian hak yang kokoh dan dapat menopang keseimbangan tubuh. Kokoh artinya tidak mudah patah, mampu menopang berat tubuh, dan membuat pengguna sepatu hak tinggi tidak mudah jatuh.

Ketiga, untuk mencegah lecet pada jari kaki atau pergelangan kaki bagian belakang, gunakan losion. Anda bisa menggunakan body lotion biasa atau oleskan body butter. Losion atau body butter ini akan membantu mengurangi risiko kaki lecet jika sepatu high heels dikenakan dalam waktu lama.

Bagaimana jika bagian kaki mudah berkeringat dan bau? Trik keempat, menggunakan bedak pada bagian telapak hingga pergelangan kaki. Pilih bedak tabur seperti bedak bayi. Bedak bayi akan membantu menyerap kelebihan minyak di sekitar kaki dan membuat sepatu lebih kering (tidak basah akibat keringat). Jangan lupa bersihkan kaki sebelum dan sesudah mengenakan sepatu hak tinggi.

Trik kelima, jika perlu gunakan silicon pad untuk bagian ujung dan pangkal sepatu atau silicon insoles untuk bagian sol sepatu. Bahan silikon ini dapat mendukung kenyamanan ketika mengenakan sepatu.

Jika tidak terbiasa mengenakan sepatu hak tinggi, kenakan sepatu hak rendah terlebih dulu. Misalnya, mulai dari sepatu dengan hak 3 sentimeter. Jika sudah terbiasa, kenakan sepatu dengan hak 5 sentimeter dan seterusnya. Paling penting, seberapa cantik dan tinggi sepatu high heels yang Anda kenakan, pastikan kenyamanan jadi yang utama. [MIL]

Foto : Shutterstock.com

5 Trik Agar Tetap Nyaman Menggunakan Sepatu High Heels Kompas Klasika

Summary:


User Rating: 0 (0 votes)

Tags: , , ,


About the Author



Back to Top ↑