Libur Lebaran telah usai. Rumah kita yang dijadikan ajang silaturahmi bersama keluarga atau kerabat harus dirapikan dan dibersihkan kembali agar kita tetap sehat dalam memulai dan menjalankan rutinitas yang ada di depan mata.

Untuk itu, kita dapat memanfaatkan akhir pekan ini untuk menata dan membersihkan ruangan demi ruangan, terlebih ruang keluarga yang acap dijadikan area berkumpul. Bersihkan ruangan tersebut agar terbebas dari debu dan kotoran. Bila memungkinkan, gunakanlah pengisap debu (vacuum cleaner) untuk meminimalkan debu yang beterbangan. Pakailah cairan pembersih lantai untuk mengepel agar lantai Anda semakin bersih dan terbebas dari kuman.

Jangan lupa, bersihkan pula perabot atau furnitur yang ada di ruangan tersebut. Misalnya, bangku atau sofa, meja, juga perangkat hiburan seperti home theater. Setelah dibersihkan menggunakan cairan khusus, semprotkan benda-benda tersebut dengan cairan disinfektan agar terbebas dari kuman.

Namun, sebelum menggunakan disinfektan, perhatikan terlebih dahulu cara penggunaannya. Jangan sampai alih-alih ingin agar perabot terbebas dari kuman, yang didapat malah membuat perabot rusak dan tidak dapat digunakan.

Dan, khusus untuk furnitur berbahan kayu, aplikasikan cairan khusus yang mampu membuat perabot rumah tangga ini tampak seperti baru kembali. Yang juga tidak boleh terlewatkan untuk dibersihkan dan didisinfeksi adalah gagang dan kunci pintu, serta remote control. Benda-benda ini harus rutin dibersihkan karena sering disentuh banyak orang.

Hadirkan suasana fresh

Ruang makan, termasuk kursi dan meja makan juga harus kembali ditata dan dibersihkan. Untuk yang menggunakan taplak meja makan, gantilah penutup meja tersebut dengan yang baru atau bersih. Anda juga bisa mengubah posisi meja makan untuk menghadirkan suasana fresh.

Beralih ke kamar tidur. Bersihkan ruangan ini dengan cermat, serta gantilah seprei dan sarung bantal serta guling dengan yang bersih. Jangan ragu menggunakan pengisap debu untuk membersihkan bagian bawah atau lantai. Pastikan, Anda juga membersihkan ruangan ini dengan cairan khusus yang mampu membunuh kuman.

Tidak berhenti sampai di situ. Kita juga harus memperhatikan area lainnya, termasuk dapur, kamar mandi, dan gudang. Bersihkan ruangan-ruangan tersebut agar kita semakin nyaman berada di dalam rumah.

Setelah semua ruangan tertata rapi dan bersih, semprotkan disinfektan spray pada setiap ruangan agar terbebas dari kuman. Pilihlah disinfektan semprot yang aman untuk pernapasan serta memberikan efek segar pada ruangan. Namun, sebelum menyemprotkan disinfektan, bacalah petunjuk penggunaannya agar lebih aman.