Idul Fitri sudah di depan mata. Tentu saja kehangatan dan kegembiraan menjadi hal yang sangat penting untuk menyambut hari kemenangan ini. Tentu saja suasana rumah menjadi elemen yang sangat penting untuk mewujudkannya. Dengan menata rumah, kita dapat memperoleh suasana hangat yang menjadi esensial dalam perayaan Lebaran.

Berada jauh dari keluarga karena adanya larangan pembatasan mudik, tidak perlu membuat berkecil hati. Hadirkan suasana hangat dalam rumah untuk mengobatinya. Tidak terlalu sulit untuk mewujudkannya. Berikut ini, lima cara untuk membuat suasana rumah nyaman saat Lebaran.

Atur budget

Hal yang satu ini terbilang hal yang paling penting dilakukan karena dengan budget yang terukur, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan. Termasuk perlu tidaknya membeli perabot baru atau sekadar menggunakan perabot lama yang disulap agar lebih menarik dilihat.

Cat rumah dengan warna cerah

Banyak orang di Indonesia melakukan hal ini. Jika budget mencukupi, tidak ada salahnya Anda melakukan cat ulang pada bagian rumah yang diinginkan. Pilihlah warna-warna cerah agar membuat siapa pun yang melihatnya merasakan kenyamanan dan suasana yang hangat. Selain itu, warna dinding yang cerah akan memberikan kesan ruang yang luas.

Singkirkan barang yang tidak perlu

Saat menata dekorasi, singkirkan pula barang-barang yang tidak perlu. Tumpukan koran dan majalah yang selama ini menumpuk bisa disingkirkan atau diberikan pada yang bisa mendaur ulang. Dengan begitu, ruang akan terasa lebih luas dan lapang. Dengan begitu, Anda pun akan lebih leluasa menata rumah.

Optimalkan cahaya matahari

Cat dengan warna yang cerah dapat mengesankan ruangan yang lebih luas karena efektif memantulkan cahaya matahari. Oleh karena itu, pastikan cahaya matahari bisa masuk dengan bebas melalui jendela ataupun kisi-kisi rumah. Buka seluruh jendela saat open house Lebaran tiba demi menghindari rasa pengap di dalam ruangan.

Hiasi rumah dengan pernak pernik dekoratif

Agar suasana rumah lebih hangat, tidak ada salahnya Anda mempercantik ruangan dengan menambahkan karpet. Ganti pernak-pernik sarung bantal di ruang tamu dengan motif bantal kursi yang menarik, bunga di meja, dan pengharum ruangan. Hal sederhana ini sudah cukup untuk menyempurnakan open house. Selamat mencoba. [AYA]