Saat memilih rumah yang hendak ditempati, biasanya kita telah memiliki impian atau bayangan kira-kira seperti apa bentuk bangunannya nanti. Desain kasar mengenai pembagian ruangan, bentuk atap, langit-langit, atau warna dinding, biasanya sudah tergambar. Tapi tidak dengan lantai. Elemen lantai atau ubin kerap terlupakan. Padahal, lantai rumah merupakan bagian yang potensial untuk memperindah rumah. Kita bisa berkreasi dengan ubin, kenapa? Berikut ini adalah 5 alasan kenapa kita perlu berkreasi dengan lantai rumah

1. Elemen dekoratif

lantai rumah

Sebenarnya, fungsi lantai rumah tidak sekadar tempat untuk berjalan. Dalam hal dekorasi ruangan, lantai merupakan elemen dekoratif yang penting. Karena termasuk bagian terluas dari ruangan, lantai justru dapat memancing kreasi kita dalam menata rumah.

2. Memperkuat tampilan

lantai rumah

Biasanya kita ragu-ragu untuk mengkreasikan lantai karena takut bagian yang besar ini mempengaruhi warna dan motif lain dari ruangan. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, jika kita mampu mendekorasi lantai dengan baik justru akan memperkuat tampilan bagian-bagian lainnya yang lebih kecil.

Baca juga : Cara Agar Lantai Kayu Tetap Awet dan Mengilap

 3. Banyak paduan motif

lantai rumah

Banyak perpaduan desain motif dan warna yang bisa dikreasikan untuk lantai kayu. Misalnya saja kesederhanaan motif kotak-kotak cenderung cocok untuk semua desain. Karena dibuat dengan tangan, motifnya tidak perlu akurat, Anda perlu menandai lantai sebelum mulai.

4. Diberi gambar

lantai rumah

Lantai rumah dari bahan keramik, biasanya diberi hiasan karpet dengan motif-motif tertentu. Jika memilih lantai kayu, kita bisa mendekorasi menggunakan cat dengan cara memberi warna dan gambar yang menarik.

Baca juga : Inspirasi Warna untuk Interior dan Eksterior Rumah

5. Saat pengecatan

lantai rumah
Foto-foto: Shutterstock.com

Banyak ide menarik bisa dicobakan untuk pengecatan lantai kayu. Hal yang perlu diperhatikan adalah menggosok seluruh lantai sebelum dicat (semua cat bisa digunakan). Sebaiknya Anda menggosok dengan ampelas kalau ingin menghiasi kayu alami dengan motif. Saat pengecatan, jangan lupa mengecat urat-urat kayu 1 meter persegi sekaligus. Biarkan selama beberapa menit agar warnanya meresap ke dalam kayu, lalu bersihkan permukaannya dengan kain kering.

Anda sebaiknya membiarkan lapisan mengering terlebih dulu sebelum menambah lapisan berikutnya. Jika Anda tidak berniat menambahkan lapisan, tutupi lapisan terakhir dengan pernis sebanyak 2–3 lapis. Lapisan pernis ini berguna melindungi hiasan mengingat lantai sering diinjak-injak.

Kita bisa mengembangkan motif-motif lain sesuai dengan selera seni. Penciptaan kreasi-kreasi menarik ini tentu menjadikan lantai lebih dari sekadar tempat kaki menapak. [*]

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response