Hewan peliharaan tidak hanya menggemaskan, tetapi juga membawa manfaat bagi kesehatan pemiliknya. Hewan peliharaan dapat membantu merawat kesehatan mental sekaligus meredakan beragam keluhan fisik.

Merawat hewan peliharaan memang membutuhkan investasi waktu, tenaga, dan biaya. Namun, berinteraksi dengan hewan peliharaan yang mempunyai energi positif juga akan banyak menguntungkan pemiliknya. Berikut ini, sejumlah manfaat kesehatan yang didapat dari memelihara hewan.

  • Mengurangi stres

Apa pun masalah yang sedang kita hadapi, hewan peliharaan dapat menjadi teman yang menyenangkan untuk berinteraksi sehingga dapat mengurangi stres. Hal ini semakin terasa pada masa pandemi Covid-19, ketika kita diharapkan untuk mengurangi mobilitas dan interaksi dengan orang lain. Berada di rumah, hewan peliharaan dapat menjadi teman yang menghibur.

Penelitian dari Washington State University menunjukkan, interaksi dengan hewan peliharaan selama 10 menit saja dapat secara signifikan mengurangi kortisol, hormon stres. Sebuah riset juga menunjukkan, mereka yang memiliki hewan peliharaan lebih jarang merasa kesepian.

  • Meningkatkan kekebalan terhadap alergi

Sejumlah riset mendapati, anak-anak yang tumbuh di sekitar hewan cenderung memiliki imunitas terhadap bakteri dan alergen dari hewan peliharaan. Ini terutama untuk anak-anak yang hidup bersama hewan, seperti anjing, kucing, sapi, kuda, dan ayam.

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Pemilik hewan peliharaan juga cenderung punya lebih sedikit masalah terkait kardiovaskular dan tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan. Ini bisa jadi karena pemilik hewan peliharaan lebih banyak bergerak karena berjalan-jalan atau berinteraksi dengan peliharaan, punya dukungan emosional yang lebih tinggi ketika mengalami stres, atau kombinasi keduanya.

  • Membantu meringankan nyeri

National Center for Health Research di AS melaporkan, orang-orang yang mengalami nyeri kronis, semisal karena migrain atau artritis, menyatakan bahwa memiliki hewan peliharaan membantu mereka bergelut dengan rasa nyeri itu. Penjelasannya, dukungan emosional dan level stres yang berkurang membuat rasa nyeri juga lebih ringan.

Nah, apakah kamu yang pernah memelihara hewan punya pengalaman yang sama? Semoga banyak dampak positif yang sudah kamu rasakan, ya!

Baca juga:

Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan

Mengenal Terapi Musik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Pentingnya Peduli Kesehatan Darah

Infografik Hewan Peliharaan