Selama masa berpuasa, tubuh mengalami perubahan pola makan dan tidur. Pastikan pola ini tidak mengganggu kesehatanmu. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ketika berpuasa selama bulan Ramadhan.

1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa

Sebagian besar tubuh kita terdiri atas air. Oleh karenanya, jika asupan cairan tidak dipenuhi selama berpuasa, tubuh rentan dehidrasi. Kamu tetap harus meminum 6–8 gelas air sejak iftar atau berbuka puasa sampai sahur. Tak melulu dari air putih, asupan cairan ini juga bisa didapatkan dari buah-buahan, kuah sayur-sayuran, atau hidangan penutup. Perbanyak sayuran dan buah-buahan dalam menu harianmu akan menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus ternutrisi.

2. Batasi konsumsi gula dan makanan berminyak

Gula mengandung kalori tinggi yang dapat melonjakkan level gula darah. Sementara itu, makanan berminyak atau berlemak dapat memicu asam lambung. Batasi jenis makanan ini untuk mencegah gangguan ketika kamu berpuasa.

3. Tingkatkan konsumsi protein dan makanan tinggi serat

Protein dan makanan tinggi serat amat baik untuk percernaan. Apalagi, jenis makanan ini juga mendukung proses detoksifikasi yang terjadi ketika berpuasa pada bulan Ramadhan. Makanan tinggi serat juga akan membuatmu kenyang lebih lama. Jenis makanan tinggi serat ini cocok dikonsumsi pada waktu sahur.

4. Upayakan tidur yang berkualitas selama Ramadhan

Tantangan lain ketika berpuasa adalah perubahan pola tidur. Kamu perlu bangun lebih awal untuk sahur dan shalat. Oleh karena itu, aturlah waktu tidur agar tidak defisit. Kamu bisa tidur lebih cepat agar kondisi tubuh tetap sehat. Pasalnya, kurang tidur akan berpengaruh terhadap nafsu makan, kebugaran tubuh, performa otak, dan produktivitasmu.

5. Konsumsi vitamin bila perlu

Pemilihan nutrisi yang baik dan sesuai kebutuhan akan sangat berpengaruh pada kondisimu sepanjang hari. Tidak apa mengonsumsi vitamin atau suplemen jika dirasa perlu. Kamu bisa juga menjadikan rempah dan minuman herbal sebagai konsumsi rutin selama bulan puasa untuk menunjang kebugaran tubuh.

Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama bulan Ramadhan. Semoga puasamu lancar!

Baca juga:
Ini 5 Aktivitas Seru untuk Anak saat Ramadhan

Mengenal Sejarah Kalender Hijriah dan Puasa Saat Ramadhan

Lima Kiat Berpuasa untuk Lansia