Menempatkan perabot atau furnitur kayu yang antik di ruang tamu atau ruang keluarga dapat mengentalkan kesan klasik pada hunian. Namun, hal ini harus diiringi dengan upaya perawatan yang baik. Berikut ini, tips merawat dan menjaga furnitur antik agar senantiasa cantik dan nyaman digunakan.

Bersihkan area

Sebelum mulai membersihkan mebel-mebel antik yang ada dalam rumah, bersihkan terlebih dahulu area di sekitarnya. Kosongkan pula benda-benda yang ada di atasnya, contohnya vas bunga, hiasan meja, dan tumpukan barang bacaan. 

Gosok perlahan

Dengan menggunakan cairan khusus pembersih kayu, gosoklah furnitur dengan perlahan dan jangan terlalu keras. Gosoklah menggunakan kain halus dan bersih agar tidak terjadi baret pada permukaan.

Namun, sebelum mengaplikasikan pembersih tersebut, pastikan Anda telah mencobanya di area kecil terlebih dahulu untuk memastikan cairan tersebut tidak merusak furnitur.

Hindari menyiram dengan air sabun

Bila Anda tidak memiliki cairan pembersih khusus, sementara noda yang melekat pada kursi kayu antik sangat sulit dihilangkan, cobalah menggunakan lap lembut yang telah dibasahi air sabun cuci tangan.

Usap secara perlahan bagian per bagian. Namun, patut diingat, hindari menyiram furnitur dengan air sabun secara langsung. Hal ini berisiko membuat mebel tampak kusam dan terdapat jejak cairan.

Hindari menggunakan sabut baja

Dalam membersihkan perabot-perabot atau bangku-bangku kayu antik, hindari menggunakan sabut baja atau spons kasar. Penggunaan bahan-bahan kasar untuk membersihkan kayu atau benda-benda antik dapat menyebabkan goresan, yang tentunya akan membuat mebel tersebut kurang sedap dipandang.

Gunakan minyak lemon

Agar perabot rumah tangga tersebut kian memukau, gunakan minyak lemon untuk memoles furnitur antik Anda tersebut. Ikuti petunjuk penggunaan agar hasil yang didapat maksimal.

Manfaatkan soda kue

Apabila lemari atau rak antik Anda terdapat bau apek atau aroma tak sedap, manfaatkan soda kue untuk menyerap aroma tersebut. Tuangkan beberapa sendok soda kue pada mangkuk kecil kemudian letakkan di area pojok rak tersebut. Pastikan wadah yang digunakan cukup aman dan tidak mudah terjatuh.

Perhatikan suhu ruangan

Agar furnitur-furnitur antik tersebut semakin cantik dan terawat, perhatikan pula suhu ruangan. Pastikan juga perabot tersebut tidak terkena sinar matahari langsung, yang dapat menyebabkan warna cepat pudar serta membuat kayu menjadi retak dan melengkung.