Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian orang. Salah satunya dengan membangun gedung yang unik dan megah sebagai ruang pamer kendaraan. Seperti yang dilakukan oleh produsen mobil Volkswagen. Perusahaan yang terletak di Wolfsburg, Jerman, menghadirkan kompleks bangunan unik dan amat megah bernama Autostadt.

Kompleks bangunan ini terdiri dari terdiri dari museum, paviliun untuk mobil Volkswagen Group, dan 2 menara mobil. Yang paling menarik perhatian dari bangunan ini adalah 2 menara mobil setinggi 60 meter. Menara yang mengaplikasikan konsep silo glass ini digunakan sebagai tempat penyimpanan mobil Volkswagen terbaru. Dua menara tersebut terhubung ke pabrik Volkswagen dengan terowongan bawah tanah sepanjang 700 meter.

Klasikamus

Silo adalah tempat penyimpanan bahan atau material yang berupa butiran maupun cairan yang berbentuk silinder maupun segiempat.

Dua menara mobil (autoturme) dapat dieksplorasi dengan menggunakan lift panorama kaca berpendingin udara. Diatur oleh lengan robotik yang dapat melakukan rotasi dan menempatkan kendaraan pada posisinya dengan sangat rapi. Autostadt memiliki 20 tingkat, dengan setiap tingkat tersimpan 400 produk mobil baru merek Volkswagen. Canggihnya, teknologi pengangkutan mobil Volkswagen yang dapat masuk dan keluar dengan kecepatan 1,5 meter per detik di dalam menara ini telah dipatenkan.

austadt-vw-car-tower-germany-7

Ketika membeli mobil Volkswagen di beberapa negara Eropa, konsumen mendapatkan alternatif pilihan untuk pembelian mobil, apakah dikirim melalui diler atau konsumen ingin menikmati perjalanan Autostadt untuk memilihnya. Jika opsi terakhir yang dipilih, Autostadt akan mengajak konsumen menikmati perjalanan gratis, tiket makan, dan tentunya secara khusus akan dibawa ke pabrik dan kemudian ke autoturme untuk memilih mobil yang ingin dibeli.

Mobil yang sudah dipilih tersebut akan diangkut keluar dari salah satu ruangan kotak silo. Dari sinilah dapat dilihat bagaimana perusahaan pembuat mobil terbesar di Eropa yang terletak di Wolfsburg mengajak para konsumennya melihat bagaimana proses perusahaan memproduksi mobilnya dengan cara yang unik dan canggih.

austadt-vw-car-tower-germany-8

Selain autoturme, Autostadt dilengkapi dengan museum, paviliun berdesain futuristis, groupforum, customer center, service house, terrain, dan restoran Michelin bintang 3. Museum Autostadt sering mengadakan berbagai macam acara pameran dan pertunjukan karya seni. Bagian paviliun dan groupforum dapat disewa untuk dijadikan tempat seminar dan pertemuan lainnya.

Di bagian terrain, para calon pembeli mobil dapat melakukan test drive. Bagian ini didukung dengan berbagai model track untuk mengetes daya tahan mobil. Selain itu, jalanan yang ada ditata dengan konsep ecofriendly. Kemudian, dilengkapi dengan taman-taman mini yang didesain sealami mungkin dan menyatu dengan pemandangan sekitar.

Setelah seharian mengeliling Autostadt dan perut terasa lapar, konsumen tak perlu khawatir. Hal ini karena di kompleks ini terdapat sepuluh restoran (Autostadt Restaurant) yang masing-masing didesain dengan unik. Bahkan, para pengunjung juga dapat menghadiri dan mengikuti berbagai macam acara kuliner yang digelar di Autostadt Restaurant. [*/ACH]

noted: etalase kendaraan dalam bangunan unik

foto-foto: DOK AUTOSTADT.DE