Sejak kecil, kita sering dianjurkan untuk rajin membersihkan gigi dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari. Namun, bagaimana dengan cara merawat kesehatan gusi?

Sebenarnya, dengan merawat kesehatan gigi, kamu bisa sekaligus merawat kesehatan gusi. Ya, menyikat gigi merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk merawat kesehatan gusi.

Sebaiknya cermati kondisi gusimu sekarang. Gusi yang sehat biasanya ditandai dengan nuansa merah muda cerah dan segar. Selain itu, gusi yang sehat tidak terasa sakit saat disentuh, tidak berdarah, dan berstruktur.

Ingin memiliki gusi yang sehat setiap hari? Selain menggosok gigi, berikut ini caranya.

Ikan, buah, dan susu

Konsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta mendukung pertumbuhan gigi. Misalnya, ikan tuna dan salmon, buah-buahan seperti stroberi dan jeruk, serta jangan lupa minum susu.

Sikat yang halus

Pilihlah sikat gigi yang memiliki bagian sikat yang halus agar tidak melukai gusi. Namun, hindari menggunakan sikat gigi yang sama untuk jangka waktu yang panjang. Gantilah sikat gigi secara berkala, misalnya sebulan sekali; atau setiap kali sikat gigi sudah terlihat rusak.

Minum air putih

Saran minum air putih yang cukup tidak hanya baik bagi metabolisme tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi. Air putih dapat membantu membersihkan area mulut, termasuk bagian gigi dan gusi, dari sisa-sisa makanan penyebab plak. Manfaat air putih lainnya untuk membantu mengurangi potensi bau mulut.

Hindari menggertak dan merokok

Kebiasaan menggertakkan gigi dapat membuat struktur gigi terganggu. Selain itu, cengkeraman gusi pada gigi bisa menjadi semakin kendur akibat terlalu sering “memainkan gigi”. Merokok juga perlu dihindari jika kamu ingin gusi yang sehat.

Rutin kontrol

Memeriksakan kondisi gigi dan gusi ke ahlinya setidak enam bulan sekali sudah menjadi kebiasaan masyarakat Barat. Namun, sayangnya, kebiasaan memeriksakan gigi dan gusi secara rutin ini belum dilakukan banyak orang Indonesia.

Kontrol ke dokter gigi biasanya baru dilakukan jika terjadi masalah pada gigi. Saatnya mengubah budaya ini. Jika ingin gigi dan gusi yang sehat, sebaiknya kamu mulai rutin memeriksakan kondisi gigi dan gusi. Bukankah mencegah selalu lebih baik daripada mengobati?

Nah, nggak terlalu sulit kan menjaga kesehatan gusi? Ingat, kerusakan atau infeksi yang terjadi pada gigi dan gusi bisa memengaruhi fungsi organ tubuh lainnya, semisal jantung. [*]