Furnitur yang kita pasang di rumah kadang turut menciptakan mood bagi penghuni rumah, termasuk di ruang makan. Pemilihan furnitur yang tepat, baik bentuk ataupun warna, dapat membantu menyamankan dan memudahkan pergerakan di ruang makan. Banyak pilihan meja makan untuk ruang makan, ada yang bundar, persegi, dan lainnya. Lalu manakah yang sesuai?

Furnitur juga bisa menyulap suatu ruangan tampak trendi meski lahannya terbatas. Yang penting, kita tak salah pilih furnitur dan menggunakannya sesuai kebutuhan. Bila ukuran rumah terbatas, biasanya kita mengakali kesan ruangannya dengan memilih furnitur kecil dan tembus pandang. Begitu pula sebaliknya jika tipe rumah kita luas. Padahal, bentuk furnitur dapat pula kita pakai untuk bersiasat.

Bujur sangkar

Foto-foto: Shutterstock.com

Meja makan bujur sangkar, sesuai bentuknya yang sederhana dan sama sisi, akan tampak menarik jika berdiam dalam ruang makan mungil. Meja seperti ini dapat menambah keakraban seluruh anggota keluarga saat menikmati sarapan atau makan malam. Namun, jangan memilih meja ini bila ruangannya panjang. Kesannya menjadi aneh.

Baca juga : 5 Kreasi Kamar Anak Agar Si Kecil Bisa Tidur Tenang dan Nyaman

Persegi panjang

Bila ruang makan kita memanjang, meja makan persegi panjang tentu menjadi pasangan yang apik. Selain berfungsi untuk penyeimbang, meja ini memiliki kapasitas kursi yang lebih banyak.

Meja persegi memang dianggap yang paling cocok untuk semua bentuk ruang makan. Namun, bila ruang makan kita cukup luas, tak ada salahnya kita memilih meja makan berbentuk lingkaran atau elips.

Bundar atau elips

Meja makan bundar atau elips amat oke bila berdiri pada ruangan yang lapang. Bentuk lingkaran dan elips menghadirkan atmosfer yang hangat karena sifatnya yang memusat. Akan tetapi, elips kesannya lebih informal.

Nah, sekarang tinggal pilih yang cocok dengan ruang makan kita. Silakan. [*]

Tyas Ing Kalbu
penulis yang disayang Tuhan

Leave a Response