Tidak semua makanan baik menjadi asupan pada saat perut kosong. Ketahui jenis-jenisnya agar kamu bisa menghindarinya.

Menjelang sarapan atau ketika perut belum terisi sesuatu, pemilihan jenis makanan menjadi penting. Apa yang kita makan pertama kali pada pagi hari bisa menentukan kelancaran saluran cerna untuk sepanjang hari. Jenis-jenis makanan tertentu bahkan dapat mengganggu saluran cerna ketika dimakan dalam keadaan perut kosong, berikut ini, beberapa di antaranya.

1. Makanan pedas

Mengonsumsi cabai atau sesuatu yang pedas saat perut kosong dapat mengiritasi saluran cerna. Sifat makanan pedas yang cukup keras bagi perut dapat memicu gangguan cerna, asam lambung, dan kram perut.

Makanan pedas

2. Makanan atau minuman manis

Fruktosa, terlebih gula olahan, memberi beban kerja besar bagi pankreas yang baru aktif setelah beberapa jam tubuh beristirahat. Apabila ingin menyantap buah pada pagi hari, kamu mungkin bisa pilih buah yang tidak terlalu manis, seperti alpukat, tetapi jangan ditambah dengan gula atau krim pemanis, ya. Selain itu, kamu bisa “mengalasi” perutmu dahulu dengan makanan lain yang kadar gulanya tidak terlalu tinggi, misalnya havermut. Baru sekitar satu jam setelahnya, kamu dapat memakan buah.

3. Buah-buahan jenis sitrus

Buah memang sangat menyehatkan jika dimakan pada waktu yang tepat. Mengonsumsi buat jenis sitrus saat perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, terlalu banyak serat dan fruktosa justru dapat memperlambat sistem pencernaan menjadi makanan yang diasup pertama kali pada pagi hari.

4. Sayuran mentah

Kalau meyakini bahwa salad baik dimakan kapan saja setiap hari, mungkin kamu mesti mengubah persepsimu. Sayur-sayuran mentah bukanlah pilihan terbaik untuk perut kosong. Pada sayuran mentah, terdapat banyak serat kasar yang membuat saluran cerna harus bekerja ekstra. Makanan ini juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung atau sakit perut saat dimakan saat perut kosong.

sayuran mentah

5. Minuman dingin

Kamu pasti pernah mendengar nasihat minumlah air hangat pada pagi hari. Saran ini patut diikuti. Minum sesuatu yang dingin pada saat perut kosong dapat merusak membran mukus dan membuat saluran cerna bekerja lebih lambat. Sementara itu, air hangat membantu mengaktifkan saluran cerna dan sistem metabolisme.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda buruk untuk kesehatan, entah jam berapa pun kamu mengasupnya. Namun, efeknya bahkan lebih buruk ketika dikonsumsi ketika perut kosong. Pasalnya, asam karbonat bercampur dengan asam lambung. Ini bisa menimbulkan gangguan, seperti naiknya asam lambung, banyaknya gas di dalam perut, rasa mual, sampai dengan kram atau nyeri.

7. Kopi

Kopi

Memulai hari dengan secangkir kopi adalah praktik umum. Hal ini tampak menjadi cara yang mudah untuk menyegarkan badan setelah bangun tidur. Namun, meminum kopi saat perut kosong dapat memicu naiknya asam lambung. Kopi juga menstimulasi sekresi asam klorida di saluran cerna, yang pada beberapa orang dapat menyebabkan gastritis atau radang lambung.

Baca juga:

Tips Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi selama Berpuasa

10 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

5 Jenis Makanan untuk Bantu Mengatasi Insomnia