Mengonsumsi buah-buahan saat berbuka dan sahur merupakan salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang dapat membantu melancarkan ibadah puasa. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk melengkapi menu berbuka puasa dan sahur dengan makanan berserat ini agar manfaatnya dapat semakin dirasakan. Berikut ini, manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan.

1. Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi buah-buahan berserat secara teratur dan terukur, khususnya saat berbuka puasa dan santap sahur, dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini tentu dapat membuat stamina tubuh terjaga sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Nutrisi esensial dalam buah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Pisang, alpukat, semangka, dan buah kaya kalium lainnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal serta mengurangi pengeroposan tulang.

3. Obat luar

Buah juga memiliki manfaat sebagai obat luar yang dapat mencerahkan kulit karena mengandung antioksidan yang mampu membantu melindungi kulit dari terpaan sinar ultraviolet. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam buah juga bisa membantu melindungi kulit dari kuman serta mencegah infeksi kulit.

4. Pembangkit energi

Nutrisi tinggi dan kalori rendah yang terdapat dalam buah dapat dijadikan pembangkit energi bagi tubuh. Bila rutin dikonsumsi dan sesuai anjuran, selama berbuka puasa dan sahur, tentu tubuh akan tetap bugar dan tidak mudah letih.

5. Memperbaiki kerusakan sel

Manfaat buah lainnya, bila dikonsumsi secara teratur, dapat membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah-buahan juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan seta membantu menghindari kanker tertentu.