Penting untuk tetap sehat dan bugar selama kamu bepergian, entah untuk berwisata atau kepentingan lain. Oleh karena itu, beragam upaya untuk menjaga tubuh sehat pun harus dilakukan dengan ekstra.

Jatuh sakit ketika jauh dari rumah sangat tidak mengenakkan, terlebih dalam situasi pandemi. Kamu belum tentu kenal orang di tempat asing yang cukup dekat untuk dimintai bantuan. Belum lagi, urusanmu di tempat tersebut pun bisa jadi terhambat karena mendadak sakit.

Untuk menghindari hal itu, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap sehat selama bepergian.

1. Vaksin sebelum berangkat

Beberapa negara mensyaratkanmu untuk diberi vaksin tertentu sebelum memasuki wilayah negaranya, misalnya vaksin deman kuning, malaria, hepatitis A/B, atau kolera. Dalam kondisi pandemi Covid-19, apabila sudah bisa mengakses vaksin, akan lebih baik jika tubuhmu dikebalkan dulu terhadap virus ini.

Untuk lebih amannya, lakukan vaksinasi satu bulan sebelum bepergian. Pasalnya, sebagian besar vaksin butuh waktu sebelum bisa bekerja melindungi tubuhmu dari virus.

2. Lengkapi stok P3K dan obat-obatan

Jika kamu tipe yang menyukai kegiatan luar ruang, seperti berkemah dan mendaki, cek ulang stok pertolongan pertama pada kecelakaanmu (P3K). Persiapan ini juga perlu dilakukan untuk kamu yang merencanakan perjalanan jauh, terutama lewat jalur darat.

Obat-obatan menjadi barang yang wajib ada dalam tasmu. Sediakan obat-obatan umum untuk flu ringan, sakit kepala, diare, mabuk perjalanan, deman, dan nyeri. Apabila kamu punya penyakit khusus seperti asma atau GERD, bawa pula obat yang bisa kamu konsumsi jika sewaktu-waktu penyakit ini kambuh.

3. Bawa cukup air

Tetaplah terhidrasi dalam perjalanan. Dehidrasi adalah masalah umum para pejalan. Oleh karena itu, sebelum air dalam botolmu habis, selalu isi ulang atau beli minum yang baru.

4. Tidur cukup

Tak peduli seberapa muda atau aktifnya kamu, tidur selalu bisa memulihkan kembali energi. Tubuhmu perlu beristirahat untuk mengimbangi padatnya kegiatan.

5. Konsumsi asupan bergizi

Buah-buahan dan sayuran justru harus lebih sering dikonsumsi selama bepergian. Sediakan juga kudapan kering yang padat gizi seperti kacang atau snack bar.

6. Tetap berolahraga

Bepergian bukan berarti mengorbankan olahraga rutinmu. Lakukanlah setidaknya pemanasan atau latihan kardio sederhana. Bisa juga kamu beryoga dengan panduan dari video-video yang bisa diakses daring.

7. Kurangi konsumsi alkohol

Ketika bepergian, cobalah untuk mengurangi konsumsi alkohol. Tubuhmu sedang beradaptasi dengan lingkungan baru yang mungkin amat berbeda dengan tempat asalmu. Apabila mengonsumsi pun, katakanlah bir atau wine, jagalah di level minimum saja.

8. Hindari mengangkat bawaan yang berat

Ketimbang membawa ransel yang harus dipikul atau tas tangan yang harus dijinjing dengan isi tas yang penuh, lebih baik pilih koper beroda yang gampang ditarik atau didorong. Ini akan membantumu menghindari nyeri bahu atau punggung.

Untuk mengecek apakah barang bawaanmu terlalu berat, cara paling mudahnya adalah tes apakah tasmu bisa diangkat dengan satu tangan. Jika tidak bisa, berarti bawaanmu terlalu berat.

 

Baca juga:

Tips Aman Berwisata Solo untuk Perempuan

3 Tips Diet Plastik ketika Makan di Luar Rumah

Bagaimana Cara Terbaik Mengeringkan Tangan Saat Pandemi?

 

Infografik Tips Sehat saat Bepergian