Gaya hidup yang lebih ramah lingkungan bisa dimulai dengan banyak hal, termasuk membiasakan diri menggunakan lebih sedikit plastik atau mengurangi sampah ketika harus makan di luar rumah.

Ketika harus membeli makanan, bahkan kamu yang sudah berkomitmen untuk mengurangi plastik pun kadang tidak punya banyak pilihan. Pasalnya, banyak penjual makanan yang memiliki hanya kemasan sekali pakai untuk membungkus makanan, yang notabene akan berakhir di tempat sampah.

Meski demikian, ada upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk tetap meminimalisasi sampah plastik ketika harus makan di luar rumah. Berikut ini, beberapa di antaranya.

Siapkan bekal

menyiapkan bekal

Menyiapkan bekal adalah solusi yang mudah agar ada pertolongan pertama ketika kamu lapar di jalan atau di tempat lain yang jauh dari rumah. Minuman, kudapan, atau makan berat bisa kamu bawa ketika bepergian.

Kalau kamu mau lebih praktis, bawalah bekal makanan-makanan kering yang tidak mudah basi, misalnya kacang-kacangan atau kue kering. Jika mobilitasmu tinggi, tempatkan makanan ini di wadah-wadah kecil sehingga kamu tidak perlu berulang kali menyiapkan setiap akan pergi.

Sediakan peralatan makan di tas atau mobil

lunch box

Apabila membawa bekal terlalu merepotkan untukmu, kamu tetap bisa minim sampah. Caranya, ke mana pun kamu pergi, bawalah selalu wadah makanan kosong, alat makan (sendok/garpu/sumpit), sedotan yang bisa dipakai ulang, gelas kosong, botol air, lap sebagai pengganti tisu, dan sebagainya.

Jadi, ketika harus membeli makanan pun kamu tidak harus menggunakan wadah baru, pembungkus makanan, atau alat makan plastik yang lantas cuma akan dibuang.

Makan di tempat alih-alih membungkusnya

Kalau kamu harus makan di luar dan tidak membawa peralatan makan sendiri, luangkan sejenak waktu untuk makan di restoran. Makan di tempat ini membuat kita tidak perlu menggunakan bungkus atau kemasan makanan yang kelak akan dibuang. Minta minumanmu ditempatkan di dalam gelas keramik. Pastikan juga kamu meminumnya tanpa sedotan sekali pakai.

Oh iya, pada masa pandemi ini, cermat juga memilih restoran, ya. Makanlah hanya di tempat yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik.