Saat seseorang sudah percaya akan usahanya dan melihat bahwa usahanya mendapatkan hasil atau keuntungan yang banyak, pasti ada keinginan untuk memperluas usaha. Baik itu membuka toko atau outlet dan menambah sarana serta prasarana.

Namun, membuka sebuah toko tentu harus direncanakan dengan matang. Pengusaha juga perlu untuk memperhatikan beberapa poin agar bisnisnya tetap berjalan lancar dan mendapat keuntungan setelah membuka toko.

Terkadang, beberapa pengusaha nekat untuk membuka toko tanpa ilmu yang cukup. Alhasil toko hanya bertahan selama beberapa tahun atau bahkan bulan dikarenakan mengalami kerugian.

Gufron Syarif dalam siniar CUAN bertajuk “BISTRO: Cara Memantain Outlet” yang dapat diakses melalui dik.si/CUAN_Outlet menjelaskan tentang cara mengatur bisnis yang baik agar seseorang dapat mengatur outlet-nya dengan baik.

Gufron mengatakan ketika suatu bisnis tumbuh pesat, perlu didukung oleh pertumbuhan organisasi yang solid. Organisasi adalah salah satu hal pertama yang harus dibangung saat usaha mengalami perkembangan dan pertumbuhan.

Melansir dari Fit Small Business, berikut beberapa tips untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis melalui toko atau outlet.

Manajemen toko yang efektif dan bermakna adalah salah satu bagian terpenting untuk memastikan kesuksesan bisnis ritel kamu. 

Namun, ini mencakup banyak hal, termasuk membangun tim, mencari dan mengelola inventaris, mendorong penjualan, membuat kebijakan dan prosedur toko, memimpin dengan memberi contoh, dan memasarkan bisnis.

Di sini, kita akan melihat semua yang harus dikenakan pemilik untuk mengelola toko mereka, menjaga semuanya berjalan lancar, dan memposisikan bisnis mereka untuk pertumbuhan dan ekspansi.

Membangun dan Mempertahankan Tim yang Hebat

Manajemen toko ritel dimulai dengan membangun dan memelihara tim hebat yang dapat mendukung kamu di penjualan dan membantu bisnis berkembang. 

Kamu mungkin akan melihat pergantian di antara karyawan. Meskipun ini adalah bagian alami dari industri, kehilangan anggota staf sangat mahal untuk bisnis Anda, jadi yang bisa dilakukan ada dua:

  1. Merekrut tim yang cukup besar yang akan efektif dan cocok untuk bisnis dan peran yang tersedia.
  2. Kedua, kamu perlu menciptakan lingkungan kerja yang akan membantu mempertahankan tim itu dan memaksimalkan potensinya.

Kelola Inventaris

Selain membangun tim, mengelola toko ritel juga mencakup tanggung jawab inventaris. Manajemen inventaris mencakup semua proses yang menjaga jumlah produk yang tepat di rak toko kamu setiap saat. 

Hal itu berarti melihat kehabisan stok sebelum terjadi, menempatkan pemesanan ulang pada waktu yang tepat, dan penganggaran yang sesuai.

Kamu bisa mengadopsi sistem POS terintegrasi untuk melacak tingkat inventaris secara real time dan tetap berada di atas tingkat inventaris rendah. 

Jika tidak, kamu dapat melacak tingkat inventaris secara manual menggunakan spreadsheet atau excel.

Tetapkan Prosedur untuk Toko yang Bersih & Terorganisir

Salah satu aspek terbesar tentang cara mengelola toko ritel adalah menjaganya tetap rapi dan teratur. 

Berarti kamu harus menjaga barang dagangan dan elemen desain toko dengan benar, membuang produk saat digunakan, dan menerapkan rutinitas pembersihan agar semuanya tetap bersih.

Memimpin Tim

Bagian dari mengelola toko ritel adalah mengatur lingkungan kerja dan etika untuk ruang kamu. Bagaimana kamu berinteraksi dengan pelanggan, perawatan yang dilakukan untuk toko, dan bagaimana kamu menampilkan diri setiap hari akan berdampak besar pada staf dan kinerja mereka.

Selain itu, kepemimpinan dalam manajemen toko ritel termasuk membuat staf bersemangat untuk menjadi bagian dari tim dan memastikan mereka merasa didengar dan dihormati. 

Seorang pemimpin yang baik dapat menginspirasi dengan memberikan contoh yang kuat dan menciptakan lingkungan yang positif. Hal ini akan membuat segalanya lebih menyenangkan bagi semua orang dan memotivasi rekan kamu untuk bekerja lebih baik.

Memulai Pemasaran 

Bagian penting dari pertumbuhan bisnis dan pendapatan adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan memperluas basis pelanggan. 

Kedua tujuan itu bergantung pada pemasaran yang baik dan jangkauan pelanggan. Pemasaran ritel dapat membantu kamu menumbuhkan loyalitas pelanggan, menjangkau audiens baru, dan mendorong laba.

Berikut adalah beberapa cara untuk memasukkan strategi pemasaran ritel ke dalam tugas manajemen toko kamu sehari-hari:

  1. Terlibat dalam lingkungan sekitar
  2. Program loyalitas pelanggan
  3. Mengirim informasi kepada pelanggan melalui SMS & Email 
  4. Perluas bisnis dengan media sosial

Dengarkan informasi selengkapnya hanya melalui siniar CUAN dalam episode yang dapat diakses melalui https://dik.si/CUAN_Outlet

Jangan lupa untuk ikuti siniarnya agar kamu tidak ketinggalan informasi seputar finansial, investasi, dan bisnis yang bisa menambah wawasan keuanganmu. 

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata