Berkemas untuk bepergian kadang jadi hal yang merepotkan kalau kita kurang mampu mengaturnya. Beberapa kiat ini bisa membantu berkemas agar bawaanmu lebih ringkas.

Kekhawatiran apakah tasmu muat atau apakah baju-baju akan lusuh karena dimasukkan ke tas bisa merusak antusiasme untuk bepergian. Untuk menghindarinya, ada beberapa kita agar berkemas menjadi lebih cerdas, cepat, ringkas, dan tidak membuat stres.

  • Buat daftar pakaian harian

Berapa lama kamu akan pergi dan apa agenda hariannya? Untuk setiap harinya, rencanakanlah pakaian yang akan kamu kenakan. Pakaian adalah barang yang berpotensi menyebabkan bawaanmu berlebih, atau bahkan kurang jika tidak direncanakan.

Apabila tidak dalam situasi pandemi, beberapa pakaian yang hanya dipakai sebentar mungkin bisa dipakai ulang dan mengurangi jumlah pakaian yang harus dibawa. Atau, kalau berencana menginap di hotel yang memakai jasa penatu, kamu juga tidak perlu membawa terlalu banyak.

  • Saat berkemas, pilih pakaian yang “ramah-perjalanan”

Kita tahu mungkin ada beberapa kondisi kurang ideal dalam perjalanan. Cuaca yang tidak menentu hingga mungkin pakaian akan basah, listrik yang masih sulit di beberapa daerah, dan lain-lain. Pilihlah pakaian yang paling ramah-perjalanan. Misalnya, jenis tekstil yang tidak perlu disetrika, baju yang ringan, atau jenis pakaian yang cepat kering.

  • Gulung pakaian dan kemas dalam plastik vakum

Salah satu cara terbaik menghindari pakaian kusut dan menghemat tempat adalah dengan menggulung pakaian. Untuk atasan, tekuk bagian lengan dan gulung dari bawah ke atas. Untuk bawahan, satukan sisi kiri dan kanan, lalu gulung dari bagian pinggang ke bawah. Setelah semua pakaian tergulung, masukkan ke dalam plastik vakum untuk mengepaknya sekecil mungkin.

  • Letakkan pakaian yang akan dipakai terlebih dahulu di bagian atas

Ada kalanya kita bepergian hanya sebentar untuk sebuah acara. Jika kamu tidak menggulung pakaian karena masih banyak ruang di koper, letakkanlah pakaian yang akan kamu pakai terlebih dulu di bagian atas tumpukan. Ini akan membuat pakaian lebih rapi dan memudahkanmu untuk mengambil pakaian di tempat tujuan.

  • Letakkan barang yang berat di bagian bawah tas atau koper

Buku, sepatu, atau barang apa pun yang cukup berat bisa ditaruh di bagian bawah tas. Penempatan ini membuat tasmu lebih stabil dan menghindarkan rusak atau lusuhnya barang-barang lain karena tertimpa benda yang lebih berat.

  • Bawa tas jinjing ekstra ketika berkemas

Tas jinjing ekstra hampir selalu berguna, entah untuk membawa oleh-oleh ataupun sebagai tas santai kalau kamu hanya berjalan-jalan sebentar di sekitar penginapan.

  • Miliki tas khusus untuk benda-benda berisi cairan

Entah di dalam tas atau koper, benda-benda berisi cairan, seperti sampo, hand sanitizer, pembersih wajah, dan lain-lain perlu ditaruh di wadah khusus. Kalau bisa, wadah yang transparan dan kedap air. Ini untuk mencegah isinya mengotori benda lain apabila tumpah atau memudahkan pengecekan cairan di bandara.

  • Taruh obat-obatan penting di tas yang mudah dijangkau

Berjaga-jaga amat penting. Siapa yang tahu jika mendadak kita membutuhkan obat pereda nyeri atau perban instan. Tempatkanlah obat-obatan penting di tempat yang gampang kamu akses.

Baca juga:

8 Tips agar Kamu Tetap Sehat selama Bepergian

Tips Aman Berwisata Solo untuk Perempuan

3 Tips Diet Plastik ketika Makan di Luar Rumah

Infografik Berkemas Cerdas