Lingkungan pekerjaan merupakan ruang sosialisasi kedua banyak orang setelah keluarga. Drama, intrik, dan konflik yang terkait dengan pekerjaan memang tidak bisa dihindarkan. Namun, bagaimana cara menyikapi berita miring yang beredar tentang diri kita? Lebih-lebih bila orang yang menyebarkan berita miring tersebut adalah orang yang memiliki otoritas seperti atasan, bagaimana cara menghadapinya?
Kabar tidak benar tentang diri seseorang bisa diabaikan. Namun, jika berita miring tersebut menyangkut seputar prestasi dan kinerja, Anda tidak bisa diam karena bisa dirugikan. Jika hubungan profesional terbilang dekat dengan si penyebar gosip, sebaiknya segera konfirmasi tentang berita miring. Tanyakan kepada orang tersebut dengan baik-baik tentang alasan penyebaran berita miring.
Bila orang tersebut enggan menanggapi atau tidak terlalu dekat dengan Anda, sebaiknya carilah jalan lain. Anda bisa menanyakan pada orang lain yang bisa dipercaya atau mengamati secara langsung situasi dan kondisi yang terjadi di kantor. Pekalah terhadap prediksi hal-hal yang akan terjadi. Misalnya, karena Anda bisa meraih prestasi yang bagus, ada kemungkinan Anda akan diangkat menjadi manajer, menggantikan atasan saat ini.
Berfokus terus-menerus pada berita miring untuk menjatuhkan Anda akan menghabiskan waktu dan energi. Lebih baik pusatkan perhatian pada kinerja sendiri. Tetaplah disiplin dalam mengerjakan tugas dari atasan. Kerjakan penugasan dengan sebaik-baiknya. Jika ternyata penebar berita miring adalah atasan yang merasa terancam dengan prestasi Anda, sebaiknya berhati-hati.
Bekerja dengan prosedur yang tepat perlu dilakukan konsisten. Selain itu, jangan hanya menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu atau deadline. Anda pun perlu mencapai kualitas pekerjaan yang optimal, teliti dan tepat, dan jika bisa melebihi standar.
Simpanlah bukti-bukti kinerja Anda. Misalnya, apresiasi dari klien atau waktu penyelesaian dan pengiriman tugas yang diselesaikan. Cermatilah setiap dokumen yang berkaitan dengan penugasan. Saat berkas diserahkan, pastikan semua dokumen telah lengkap dan sesuai. Hal ini sepertinya sepele, tetapi bila ada celah, seseorang bisa menyalahgunakannya untuk menjatuhkan Anda.
Jangan karena ada berita miring dan orang-orang mulai menjaga jarak, Anda pun hanya berdiam diri. Sebaliknya, aktiflah menjalin komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Artinya, apabila masih ada hal-hal yang belum jelas, tanyakan kepada atasan secara langsung. Selain itu, kirimkan e-mail apabila terdapat keganjilan dalam penugasan. Dengan demikian, akan ada bukti tertulis mengenai pekerjaan yang dilakukan.
Pada intinya, apabila muncul kabar atau berita miring di dalam lingkungan pekerjaan untuk menjatuhkan Anda, tetaplah berhati-hati. Jagalah sikap, kata-kata, dan perilaku dengan baik. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengumbar masalah pribadi apabila lingkungan kantor tidak mendukung. Tetaplah untuk menunjukkan performa kerja yang positif agar prestasi Anda terlihat baik dan bukan hasil rekayasa. [MIL]
noted:Â Menyikapi Berita Miring di Kantor