Bila tidak ingin sering melakukan renovasi rumah, Anda bisa menggunakan bahan atau material yang bersifat awet dan tahan lama. Sebagai contoh, untuk lantai, Anda bisa memilih lantai beton. Renovasi rumah hemat dengan aplikasi lantai beton ini juga cocok bagi Anda yang menginginkan daya tahan dan keawetan.

Lantai beton sekarang mulai banyak digunakan dengan semakin maraknya gaya desain interior kontemporer yang bermunculan. Mengutip ideaonline.com, lantai beton memberikan penampilan yang keras dan maskulin sekaligus modern. Tahap akhir finishing lantai beton ada bermacam-macam, antara lain matte untuk kesan lebih halus, finishing mengilap dengan sealer akrilik untuk tampilan modern, atau menuangkan warna-warni pilihan di atas lantai beton.

Kelebihan beton yang lain adalah dapat mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Selain itu, beton memiliki kekuatan tahan temperatur yang tinggi dan biaya pemeliharaan yang murah.

Lantai beton memiliki daya tahan yang baik bahkan mampu bertahan hingga ratusan tahun. Lagipula, semakin dirawat, lantai beton akan memberikan kesan elegan, unik, dan tampilan yang semakin cantik dan mengilap. Cara perawatannya mudah, cukup dipel seminggu sekali.

Lantai beton juga menjadi salah satu pilihan material ramah lingkungan, terutama jika sejak awal rumah Anda memang menggunakan lantai jenis ini. Dengan tidak mengganti lantai beton, Anda telah berpartisipasi mengurangi penggunaan material baru sehingga bisa menghemat pengeluaran. Yang perlu Anda lakukan hanya pengampelasan dan pelapisan akhir.

Lantai beton dapat masuk dalam berbagai gaya dekorasi dan berbagai kegunaan ruangan. Bahkan, lantai jenis ini dapat digunakan baik untuk eksterior maupun interior. Anda bisa membuat transisi yang mengalir dari eksterior ke interior rumah Anda. Untuk bagian eksterior, Anda hanya membutuhan pelapis berbasis silikon untuk menghindari tampilan wet look. [*/ACH]

 

Leave a Response