Tepung ketan menjadi salah satu bahan dasar penting dalam khazanah kuliner Indonesia. Beragam olahan kue bisa dikreasikan dari tepung ini. Yang paling banyak kita jumpai, misalnya klepon. Selain itu, masih banyak sajian kue nikmat berbahan tepung ketan. Yuk, simak!

1. Klepon

Hampir semua orang Indonesia, terutama yang tinggal di Jawa, kenal klepon. Kue yang berasal dari Jawa Tengah ini dibuat dari adonan tepung ketan yang diwarnai hijau. Bagian tengahnya berisi gula merah dan bagian luarnya ditaburi parutan kelapa. Tekstur yang kenyal, isian yang manis, dan kelapa yang gurih adalah kunci kenikmatan kue ini. Klepon sangat lazim dijumpai di pasar tradisional, toko jajanan kue basah, atau penjaja makanan keliling yang biasa menjualnya bersama kue putu.

2. Kue ku atau mata kebo

Kalau klepon berisi gula merah, kue ku atau yang juga disebut mata kebo ini berisi kacang hijau yang dihaluskan dan dicampur dengan gula sehingga manis rasanya. Adonan kulitnya biasanya berwarna merah atau hijau. Konon, kue ku adalah kudapan akulturasi Jawa dan Tionghoa. Di Malaysia atau Singapura, kue ini dikenal dengan nama ang ku kwe. Bentuknya yang menyerupai tempurung kura-kura menyimbolkan harapan untuk umur yang panjang, layaknya kura-kura.

Baca juga : 

3. Kue bugis

kue bugis

Masih menawarkan kelegitan ketan, yang membedakan klepon dan kue ku dengan bugis adalah isiannya. Kue bugis berisi unti atau parutan kelapa muda yang dicampur dengan gula putih atau gula merah. Adonannya pun bisa dari tepung ketan putih, yang lantas diwarnai hijau, atau dari ketan hitam. Adonan berisi parutan kelapa itu lantas dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Di Sumatera Barat, kue ini disebut dengan lapek bugis atau lepat bugis. Di Jawa, kue ini disebut juga sebagai kue mendut.

4. Putri mandi

Yang ini tak berbeda jauh dengan kue bugis. Adonan ketan yang berisi unti parutan kelapa dimatangkan dengan cara dikukus. Yang membedakannya dengan bugis, putri mandi diberi saus santan gurih, yang disiramkan setelah kue selesai dikukus. Dari sinilah kue ini mendapatkan namanya, putri mandi.

5. Onde-onde

Onde-onde.

Yang satu ini tak kalah populer dari klepon. Onde-onde sangat jamak kita temukan sebagai jajanan pasar. Tepung ketan yang tidak diwarnai ini dibentuk serupa bola dengan isian kacang hijau manis. Bagian kulitnya lantas ditaburi dengan biji wijen, lalu digoreng. Tekstur garing dari kulit dan biji wijen berpadu dengan legitnya tepung ketan dan isian kacang hijau yang manis. Pas sekali untuk teman menyeruput teh pada sore hari.

Nah, itu tadi beberapa kudapan dengan olahan ketan asli Indonesia. Yang mana favoritmu?