Walaupun tingkat melek finansial terus bertambah, memiliki kartu kredit masih jadi persoalan bagi banyak orang. Berbagai cerita buruk soal kartu kredit kerap terdengar menakutkan. Padahal, memiliki kartu kredit justru bisa meringankan beban finansial. Lalu, apa saja  keuntungan punya kartu kredit?

1. Praktis

Kartu kredit membuat kita lebih mudah dalam melakukan pembayaran. Salah satunya, membayar tagihan bulanan rutin. Jadi, Anda tak perlu lagi khawatir terlambat membayar tagihan yang bisa mengakibatkan denda. Tak perlu khawatir tagihan kartu kredit membengkak karena penyalahgunaan karena semua transaksi Anda terekam di dalam sistem kartu kredit. Tenang.

2. Program cicilan 0 persen

Nah, program ini memang menarik. Dengan fitur cicilan 0 persen, Anda tidak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli sebuah produk yang mahal. Cicilan 0 persen memungkinkan Anda bisa mencicilan tanpa khawatir bunga pinjaman yang besar. Tenornya beragam pula, bisa 3,6, atau 12 bulan. Jika menjadi pelanggan loyal, untuk beberapa kasus, Anda bisa meminta pihak kartu kredit mengubah pembelian produk yang sebelumnya tidak ada cicilan, menjadi cicilan dengan program 0 persen.

3. Banyak diskon dan rewards

Setiap transaksi kartu kredit biasanya akan diberikan point rewards. Nah, setiap bank yang memberikan nilai yang berbeda-beda. Pilihlah bank yang memberikan point rewards yang murah. Lalu, untuk apa point rewards itu? Anda bisa menukarkan poin tersebut saat transaksi agar nilai pembayaran bisa dipotong menjadi lebih murah. Poin ini juga bisa diubah menjadi cashback, diskon, atau airmiles.

Baca juga : Raih penghasilan dari Youtube

4. Bantu berhemat

Kartu kredit juga bisa membantu berhemat. Bagaimana caranya? Seringnya, pihak kartu kredit sering mengadakan kerja sama dengan tempat-tempat belanja, restoran, atau hotel, membuat promosi pun membanjir. Ini membuat konsumen sangat diuntungkan. Jika punya kartu kredit, kita bisa menikmati semua hal yang mereka tawarkan, termasuk promosi dan diskon yang pastinya membuat kita senang, tetapi dengan harga lebih murah.

5. Melindungi saat darurat

Dengan kartu kredit, Anda tak perlu lagi takut tak bisa membayar saat keadaan darurat. Misalnya, kondisi harus masuk rumah sakit tapi belum ambil uang atau belum gajian. Kartu kredit bisa membantu memberikan kepastian Anda selalu terlindungi dalam keadaan apa pun.

Foto-foto: Shutterstock.com

Tags : financial

1 Comment

Leave a Response