Pada era adaptasi kebiasaan baru, kita lebih banyak berada di rumah dibandingkan dengan kondisi normal sebelum pandemi Covid-19. Hal ini tentu menimbulkan rasa bosan, pun bagi anak-anak, termasuk yang masih menjalankan proses belajar mengajar melalui daring. Oleh sebab itu, terapkan lima hal di bawah ini agar anak betah di rumah dan terhindar dari rasa bosan.

1. Kamar nyaman

Agar anak betah di rumah saat pandemi serta dapat menyelesaikan tugas sekolah dengan baik, pastikan Anda menghadirkan kamar yang nyaman. Selain memperhatikan tata letak furnitur, kita harus mempertimbangkan konsep. Misalnya, si kecil memiliki warna kesukaan atau tokoh yang diidolakan, tuangkan hal tersebut dengan menciptakan dinding dengan warna yang disukai, atau dengan wallcover yang menggambarkan tokoh idolanya.

2. Fasilitas belajar

Bagi si kecil, khususnya yang sudah sekolah, lengkapi ruangan kamarnya dengan fasilitas belajar seperti meja dan bangku belajar. Pilihlah warna furnitur tersebut yang menarik dan atraktif, atau sesuaikan dengan tema ruangan. Dengan warna-warna menarik, semangat belajar si kecil tentu dapat meningkat. Furnitur lainnya seperti lemari pakaian dan tempat tidur juga harus disesuaikan dengan selera si kecil agar ia dapat beristirahat dengan nyaman.

3. Cahaya dan sirkulasi udara

Selain memengaruhi kesehatan tubuh, cahaya dan sirkulasi udara juga turut andil menghadirkan kenyamanan si kecil. Pastikan kamar anak memiliki cahaya cukup dan sirkulasi udara yang baik. Apabila kamar dilengkapi dengan pendingin udara (AC), servislah perangkat tersebut secara rutin agar tidak terdapat bakteri yang kemudian menyebar melalui embusan udara AC.

4. Area bermain

Lengkapi rumah Anda dengan area bermain yang dapat dijadikan sarana berekspresi. Bila kamar masih dirasa belum cukup untuk dijadikan tempat meluapkan ekspresi si kecil, Anda dapat memanfaatkan ruang keluarga, teras, atau halaman rumah. Agar anak semakin betah berada di rumah, lengkapi area tersebut dengan mainan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki nilai edukasi yang dapat menstimulus tumbuh kembang anak.

5. Internet

Internet kini telah menjadi “kebutuhan pokok” dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Di sektor pendidikan, misalnya, kegiatan belajar-mengajar masih banyak yang menjalankan metode pembelajaran jarak jauh via daring untuk mencegah risiko penularan Covid-19. Oleh sebab itu, lengkapi rumah Anda dengan jaringan internet yang baik agar kegiatan belajar-mengajar berjalan optimal. Internet juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan dan komunikasi si anak dengan teman-temannya. Namun, Anda juga harus bijak dalam memanfaatkan internet bagi si kecil.

Leave a Response