Ada fakta menarik seputar pergelaran Euro 2020 atau Piala Eropa 2020. Sejumlah pesepak bola mengikuti jejak ayahnya yang pernah bermain di kompetisi sepak bola antarnegara di Eropa tersebut. Salah satunya, Daley Blind. Pemain yang kini membela klub asal Belanda, Ajax Amsterdam, tersebut merupakan anak kandung dari pemain legendaris Belanda, Dirk Franciscus Blind atau lebih dikenal Danny Blind.

Piala Eropa

Semasa aktif bermain, Danny Blind merupakan pemain belakang andalan tim nasional Belanda di semua ajang kompetisi, termasuk Piala Eropa. Danny tampil 42 kali membela tim nasional Belanda, termasuk di Piala Eropa 1992 dan 1996. Namun, baru pada perhelatan Piala Eropa 1996 di Inggris, Danny bermain penuh, bahkan menjadi kapten tim. Pada saat itu, Danny berusia 34 tahun ketika menjalani Piala Eropa pertamanya. Sayangnya, langkah Danny bersama Danny Blind harus terhenti di babak perempat final setelah kalah adu penalti dari Perancis 5-4. Meski demikian, Danny sebagai kapten sukses mencetak gol ke gawang Perancis saat menjadi penendang penalti terakhir. Setelah Piala Eropa 1996, Danny memutuskan pensiun dari tim nasional. Jalan karier tim nasional yang hampir sama dijalani sang anak, Daley Blind. Pada Piala Eropa 2020, Daley baru menjalani kompetisi Piala Eropa pertamanya juga ketika berusia kepala 3. Untuk urusan penampilan di tim nasional, Daley mengoleksi pertandingan bersama tim nasional Belanda lebih banyak dari Danny, yaitu 82 kali.

Tim

Baik Danny maupun Daley, pernah membela klub yang sama yaitu Ajax Amsterdam. Daley lahir 9 Maret 1990 ketika sang ayah, Danny, bermain untuk tim yang bermarkas di Kota Amsterdam, Belanda, tersebut. Daley dan Danny pernah membela tim yang sama dengan peran yang berbeda, ketika Danny menjadi pelatih tim nasional Belanda dari 1 Agustus 2015 hingga 26 Maret 2017. Daley termasuk pemain dengan penampilan terbanyak ketika tim nasional Belanda dilatih Danny dengan 14 pertandingan. Daley hanya kalah dari Georginio Wijnaldum dan Jeffrey Bruma yang mencatatkan  17 dan 16 pertandingan tim nasional Belanda di bawah asuhan Danny.

Posisi

Daley dan Danny juga memiliki kesamaan di posisi bermain, yaitu sebagai bek tengah. Ketika menjadi pemain, Danny dikenal sebagai bek tangguh, baik di level klub maupun tim nasional. Meski pernah dimainkan sebagai gelandang bertahan dan gelandang kiri, Daley lebih sering dipercaya mengisi pos bek tengah. Perbedaan di antara keduanya yaitu Danny lebih dominan menggunakan kaki kanan, sedangkan Daley lebih sering memakai kaki kiri. Hal ini yang membuat keduanya kadang dimainkan agak melebar, seperti Danny sebagai bek kanan dan Daley sebagai bek kiri.

 

Baca juga Lautaro Martinez, Asa Baru Timnas Argentina

Egy Maulana Vikri dan Nomor Punggung 10