Pernahkah kamu mencoba membersihkan bagian rumah atau barang-barangmu dengan baking soda atau soda kue? Kalau belum, bahan yang ampuh ini perlu kamu coba.

Baking soda atau sodium bikarbonat adalah bahan pengembang yang biasanya digunakan untuk sejumlah adonan makanan, seperti biskuit, muffin, atau panekuk. Namun, ternyata, manfaatnya jauh lebih luas. Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan benda-benda di dalamnya dengan efektif.

Ada begitu banyak cara menggunakan bahan ini untuk membersihkan sesuatu. Berikut ini, beberapa di antaranya.

1. Menggunakan baking soda untuk membersihkan kamar mandi

Lantai dan dinding kamar mandi bisa menjadi lebih bersih dengan soda kue. Caranya, campurkan ¼ cangkir soda kue dengan 1 sendok makan deterjen cair dan tambahkan cuka sampai campuran tersebut membentuk pasta yang kental. Gunakan spons dengan permukaan kasar untuk menggosok area-area yang kotor di kamar mandi. Kamar mandi pun akan tampak bersih kembali.

2. Meluruhkan sumbatan pada bak cuci

Pernah mengalami masalah bak cuci piring atau saluran pembuangan air di kamar mandi tersumbat karena menumpuknya kotoran? Soda kue yang bersifat abrasif ringan juga dapat dijadikan solusi.

Tuangkan satu cangkir soda kue ke bak cuci, diikuti dengan dua cangkir cuka. Alkalin dalam soda kue akan bereaksi dengan cuka yang asam, sehingga menciptakan buih-buih putih seperti busa. Diamkan beberapa menit, lalu siram dengan air.

Membersihkan sumbatan bak cuci dengan baking soda
Membersihkan sumbatan bak cuci dengan baking soda.

3. Menghilangkan noda teh pada cangkir

Teh kerap meninggalkan noda cokelat pada dasar atau dinding cangkir. Kristal-kristal soda kue dapat dengan efektif membersihkannya. Taburkan soda kue pada permukaan spons kasar, lalu gosok mug dengan spons tersebut selama 5–10 menit.

4. Membersihkan residu pada wajan

Membersihkan wajan dan peralatan lain pun akan jauh lebih mudah dengan soda kue. Campurkan soda kue dengan air hangat, lalu lumuri bagian wajan yang kotor dengan cairan tersebut. Diamkan selama sekitar 20 menit. Soda kue akan membantu meluruhkan kotoran yang sudah mengerak sehingga setelahnya wajan atau peralatan memasak akan lebih mudah dibersihkan.

5. Menggunakan baking soda untuk membersihkan karpet yang kotor

Soda kue juga dapat membuat karpetmu lebih bersih. Caranya taburkan soda kue di atas karpetmu dan diamkan minimal 30 menit atau semalaman untuk hasil terbaik. Setelah itu, bersihkan karpet dengan penyedot debu (vacuum cleaner). Karpetmu akan terlihat lebih cerah dan beraroma lebih segar.

6. Membersihkan sisir atau sikat gigi

Benda-benda seperti sisir atau sikat gigi, dengan sela-sela sempit yang sulit dibersihkan, dapat menjadi bersih kembali dengan soda kue. Rendam sisir atau sikat gigi di dalam campuran 1 sendok makan soda kue dan 1 cangkir air, lalu diamkan semalam. Keesokan paginya, kamu tinggal membilas benda-benda itu.

Membersihkan sikat gigi dengan baking soda
Membersihkan sikat gigi dengan baking soda.

7. Mencerahkan pakaian putih dengan baking soda

Apakah pakaian putihmu terlihat kusam? Cobalah bersihkan dengan soda kue. Tambahkan 1 cangkir soda kue pada cairan sabun untuk merendam pakaian, lalu rendam selama 30 menit–1 jam. Pakaian putihmu pun akan lebih bersih dan cerah.

Nah, itu tadi beragam kegunaan soda kue sebagai pembersih. Semoga bisa dipraktikkan di rumah, ya!

 

Baca juga:

3 Cara Mudah Menghemat Pemakaian Air di Rumah

Cara Hemat Membersihkan Perabotan yang Terendam Banjir

Cara Membersihkan Noda Krayon di Tembok