Kita tahu konsumsi gula yang berlebihan tak baik untuk tubuh. Namun, dalam keseharian, ada banyak makanan atau minuman bergula yang menarik di sekitar kita. Ketahui cara-cara simpel untuk mengurangi asupan gula.

Pakar gizi dr Gaga Irawan Nugraha SpGK MGizi mengatakan, berbagai literatur serta riset yang dilakukannya, ia mendapati bahwa karbohidrat sederhana dapat menaikkan berat badan dengan relatif cepat. Gula adalah salah satu bentuk karbohidrat sederhana yang paling sering kita temui. Jika sudah kelebihan berat badan atau obesitas, penyakit-penyakit degeneratif akan kian mudah menyerang.

Batasan maksimal konsumsi gula per hari adalah 7 sendok teh atau sekitar 30 gram per hari. Ingat, ini sudah termasuk kandungan alami atau tambahan gula dalam segala bentuk makanan kita ya, termasuk misalnya tumisan atau sayur asam yang diberi tambahan gula.

Nah, kalau kamu orang yang cukup sulit mengontrol konsumsi gula per hari, cara-cara berikut ini dapat membantu.

1. Makan teratur setiap hari

Menyantap makanan utama secara teratur membantu kita menstabilkan level gula darah. Ini akan meminimalisasi datangnya lapar secara mendadak dan keinginan untuk mengudap sesuatu–dua hal yang dapat memicumu untuk makan camilan manis.

2. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur

Alih-alih merasa terbebani untuk mengurangi gula, kamu bisa fokus saja untuk mengganti pola makanmu dengan sesuatu yang lebih sehat. Kamu perlu mengasup lebih banyak buah dan sayuran. Keduanya mengandung serat, yang bisa membantumu merasa lebih kenyang dan dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, buah-buahan mengandung karbohidrat yang memberi kita energi serta fruktosa, gula alaminya.

3. Menyantap yoghurt tawar dengan buah alih-alih yoghurt berperisa

Kalau kamu kerap mengasup yoghurt sebagai menu harian, cobalah untuk membeli yoghurt tawar atau tanpa gula, lalu makanlah dengan buah-buahan. Nanas, mangga, pisang, bisa jadi pilihan yang cocok dipadankan dengan yoghurt. Yogurt berpemanis dan berperisa bisa jadi malah berdampak buruk buatmu karena meningkatkan konsumsi gulamu.

4. Hindari jus buah kemasan pabrik

Jus buah kemasan mengandung banyak gula tambahan. Kandungan seratnya pun tak sebanyak buah asli. Oleh karena itu, lebih baik minum jus buah asli tanpa gula tambahan. Untuk membuat rasanya manis, kamu bisa mengombinasikan beberapa macam buah. Misalnya, nanas dengan jambu biji, wortel dengan jeruk, pisang dengan jenis beri, dan sebagainya. Atau, makan saja buah potong.

5. Minum cukup air

Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi sangat penting. Kita perlu minum setidaknya delapan gelas air setiap harinya. Jika kita minum air putih cukup banyak, kemungkinan untuk menginginkan minuman manis lain seperti soda atau boba akan berkurang.

Baca juga:

Beragam Mitos Seputar Gula yang Perlu Kamu Tahu

7 Makanan yang Disarankan agar Gula Darah Stabil

Mengenal Diabetes dan Cara Mencegahnya

Infografik Fakta Gula