Sering kali, kita menempuh perjalanan yang cukup panjang, misalnya perjalanan dinas atau mudik. Selain tenaga, kita butuh bekal agar asupan makan tetap tercukupi. Biasanya, kita membawa camilan perjalanan. Namun, camilan yang dibawa sebaiknya tetap harus dipertimbangkan kandungan gizinya.

Kebutuhan camilan biasanya digunakan agar dalam berkendara, kita tetap bisa fokus. Perut yang lapar akan menurunkan daya konsentrasi dan bisa berbahaya. Camilan akan membuat perjalanan tidak hanya lebih aman, tetapi juga tidak membosankan. Lalu, camilan perjalanan seperti apakah yang cocok untuk dikonsumsi? Berikut ini adalah beberapa camilan yang bisa dipilih.

1. Biskuit

Ini adalah bekal yang mudah dan awet, tidak akan membusuk selama perjalanan. Biskuit cocok menjadi teman perjalanan jauh karena kandungan karbohidratnya dapat membantu kita merasa kenyang. Pilihlah biskuit yang rendah kalori, misalnya yang terbuat dari gandum. Pilih pula yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.

2. Buah

Barangkali tak mudah menemukan makanan dengan sumber serat yang baik selama perjalanan, apalagi dalam masa-masa lebaran. Terbatasnya kedai atau restoran berarti pilihan asupan kita semakin sedikit juga. Meski begitu, tubuh tetap memerlukan sumber serat dan vitamin. Membawa buah bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Pilihlah buah yang tahan dalam perjalanan panjang, seperti jeruk, apel, salak, jambu air, atau jambu kristal. Kalau bisa, kombinasikan warnanya. Warna pada buah mencerminkan kandungan gizinya. Semakin beragam warnanya, gizinya akan saling melengkapi. Anda juga bisa memadukan bekal buah segar dengan buah-buahan kering, asal kandungan gula tambahannya tidak terlalu tinggi.

Baca juga : Berkenalan dengan ASMR dan Manfaat Positifnya

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat dan protein. Ini membuat perut terasa kenyang lebih lama dan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Membawa kudapan kacang juga praktis karena makanan ini kebanyakan diolah dengan cara kering, seperti panggang atau goreng. Kalau bisa, pilihlah yang diolah tanpa minyak. Tak hanya kacang tanah, ada banyak jenis kacang yang bisa kita pilih, antara lain kacang almond, kedelai, koro, polong, kenari, edamame, atau mete.

4. Cokelat

Foto-foto: Shutterstock.com

Siapa tak suka cokelat? Makanan ini rasanya enak dan kandungan nutrisinya baik untuk tubuh. Cokelat mengandung flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal beas dalam tubuh. Cokelat juga mengandung magnesium, zat tembaga, kalium, dan kalsium. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah. Sebagai camilan Anda, lebih baik memilih cokelat hitam atau yang kandungan kakaonya lebih tinggi.

Baca juga : Pertimbangkan 5 Hal ini saat Membeli Mobil

5. Roti

Produk roti atau bakery sangat membantu bagi Anda yang pantang terlambat makan. Selain mudah dicerna, roti juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Pas untuk penyelamat di saat Anda lapar. Padukan roti dengan isian atau topping yang sekaligus bisa menjadi sumber nutrisi, seperti daging, pisang, atau keju.

Leave a Response