Menyambut Hari Raya Idul Fitri pastinya membuat Anda ingin mendandani rumah agar lebih nyaman ditinggali. Tidak dapat menerima tamu lantaran pandemi Covid-19 tak lantas membuat Anda mengurungkan niat mendandani rumah bukan?

Tidak harus melakukan renovasi besar-besaran. Terlebih jika budget terbatas. Namun ada beberapa macam renovasi yang bisa dilakukan untuk menyambut Lebaran. Berikut ini adalah beberapa macam renovasi minimalis.

Benahi genteng yang bocor

Berada di musim penghujan yang mulai memasuki pancaroba membuat kondisi genteng yang bocor kian kentara. Terlebih jika tetesan bocornya kian mengganggu atau bahkan menggenangi di salah satu ruang. Nah, sekarang saat yang paling tepat untuk membenahi genteng yang bocor. Pastikan kondisi genteng terpasang baik. Jangan lupa untuk melindungi genteng dengan lapisan tahan air yang mampu melindungi genteng atau atap dari serbuan air hujan.

 Cat ulang dinding

Setelah sekian lama tidak dicat ulang, hampir bisa dipastikan dinding rumah akan terllihat kusam. Melakukan cat ulang pada sebagian atau seluruh bagian dinding rumah pastinya akan menyegarkan suasana. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan suasana yang berbeda di Hari Raya. Sebelum melalukan cat ulang, pastikan kondisi dinding yang rusak telah diperbaiki terlebih dahulu. Lalu pilih cat yang sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Benahi lantai rumah

Lantai rumah yang bersih pastinya akan membuat rumah menjadi nyaman untuk ditinggali. Untuk mengubah kesan suram dan kusam pada lantai, Anda bisa melakukan penggantian lantai. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja denganmembersihkan lantai. Setelah itu, Anda bisa mengganti motif keramik atau memasang parquet (lantai kayu) yang sesuai dengan konsep ruangan impian. Namun jika budget berlebih, tidak ada salahnya untuk menambahkan karpet pada lantai berwarna cerah untuk memberikan kesan mewah pada ruangan.

Buat dapur lebih nyaman

Sebagai salah satu ruang yang palig sering digunakan, tidak ada salahnya jika ruang yang satu ini juga direnovasi. Ganti peralatan dapur yang teah usang dengan yang lebih modern dan praktis. Percantik tembok dapur dengan hiasan yang mampu membuat Anda lebih semangat dan betah memasak. Dengan begitu, dapur akan semakin elok dilihat.

Rawat furnitur kesayangan

Merawat tentunya akan jauh lebih mudah dan murah daripada membeli furnitur baru. Terlebih jika Anda memiliki furnitur berbahan kayu jati yang antik, karena semakin tua umurnya maka semakin tinggi nilai estetikanya. Cara perawatannya pun tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu sring-sering membersihkan furnitur tersebut dengan cairan pembersih khusus. Bila sudah terllihat kusam, tidak ada salahnya jika Anda mengampelasnya lalu melapisinya dengan cairan pelitur sebagai sentuhan akhir. [AYA]