Membekukan makanan adalah salah satu cara terbaik untuk mengawetkannya. Sehari-hari, kita memanfaatkan metode ini. Namun, ada beberapa jenis makanan yang mungkin tak kita sangka-sangka bisa diawetkan dengan memasukkannya ke lemari pembeku. Berikut ini, beberapa di antaranya.

Roti

roti tawar

Roti tawar atau roti jenis bakery bisa bertahan lebih lama di dalam lemari pembeku tanpa terdegradasi kualitasnya. Roti tawar bisa awet bahkan sampai satu bulan di dalam lemari pembeku.

Kamu hanya perlu mengeluarkan secukupnya ketika ingin memakannya dan mendiamkannya di suhu ruang dalam sekitar 15 menit. Kue-kue yang dipanggang, seperti cupcake, muffin, atau brownie juga bisa disimpan dengan cara ini.

Pisang

Membekukan potongan pisang yang matang, selain mengawetkannya, juga merupakan awal untuk mengolahnya menjadi makanan lain yang menggugah selera, seperti smoothie atau es krim. Untuk membuat es krim pisang, kamu benar-benar hanya perlu memblender potongan pisang beku. Kamu bisa menambahkan susu atau santan agar rasanya lebih creamy. Setelah itu, kalau mau kamu juga bisa membubuhkan pugasan seperti kacang badam (almond) yang garing atau butir-butir cokelat.

Butter

Butter yang disimpan begitu saja di dalam kulkas kadang bisa juga berjamur, apalagi jika disimpan di wadah plastik. Menyimpannya di dalam lemari pembeku adalah cara yang lebih aman.

Namun, jika butter milikmu berukuran balok besar, lebih mudah menyimpannya dengan memotongnya dalam ukuran-ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, kamu bisa mengeluarkan secukupnya sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Telur

telur

Apabila kamu punya stok telur yang mungkin tak akan habis dikonsumsi dalam waktu dekat, membekukannya adalah ide yang baik. Namun, tentu bukan dengan cara begitu saja memasukkannya ke lemari pembeku. Keluarkan dulu dari cangkangnya, kocok, kemudian masukkan ke wadah. Telur yang disimpan dengan cara seperti ini bahkan bisa bertahan sampai dengan satu tahun.

Bawang putih

Bumbu yang satu ini juga bisa disimpan dalam kondisi beku. Kamu bisa memasukkan bonggol atau siung utuh ke lemari pembeku, atau mencincangnya dan mencampurnya dengan minyak. Cara yang kedua akan memudahkanmu mempercepat proses pencairan ketika membutuhkan bawang putih. Kamu hanya perlu mendiamkannya sekitar 10 menit di suhu ruang, lalu bisa mengambil cincangan bawang putih seperlunya dengan sendok.