Memilih sepeda yang tepat memang kadang membingungkan, apalagi jika ini sepeda pertamamu. Simak lima hal berikut ini untuk mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan.

1. Bagaimana kamu akan menggunakannya

Sebuah sepeda tampaknya sekadar mekanisme sederhana: dua roda yang terhubung pada rangka logam dengan rantai dan dua pedal yang dapat berputar. Nyatanya, ada beragam tipe sepeda.

Kalau kamu mau menggunakannya di alam dengan jalan yang cukup terjal, pilih sepeda gunung, dengan roda tebal dan satu atau dua suspensi. Jika kamu ingin memakainya untuk kebutuhan profesional bertanding di jalan beraspal dengan rute panjang, pilih sepeda balap atau road bike yang ringan.

Kalau kamu lebih banyak memakainya di dalam kota, city bike yang kuat, tetapi tidak serumit sepeda gunung cocok untukmu.

2. Anggaran untuk membeli sepeda

Harga sepeda sangat beragam, dari rendah ke tinggi, menyesuaikan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Tentukan kisaran anggaranmu. Selain mencari tahu harga sepeda baru, kamu juga bisa melihat-lihat sepeda bekas, yang juga ramai pasarnya. Banyak juga sepeda bekas yang masih bagus dan dijual dengan harga lebih ramah kantong.

Seorang pramuniaga membantu pelanggan memilih sepeda
Seorang pramuniaga membantu pelanggan memilih sepeda.

3. Ukuran yang tepat

Memilih ukuran sepeda yang tepat sangat penting. Ukuran sepeda yang tidak sesuai bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat mengendarai, bahkan cedera. Teliti tabel ukuran sebelum membeli, terutama kalau kamu membelinya secara daring.

4. Kenyamanan sepeda saat dikendarai

Meski bisa membeli sepeda secara daring, pembelian cara ini disarankan untuk kamu yang sudah benar-benar paham merek, kualitas, dan pengalaman mengendarai sepeda yang akan dibeli. Apabila ini benar-benar sepeda pertamamu, lebih baik membelinya secara langsung. Kalau memungkinkan, tes juga kenyamanannya saat dikendarai.

5. Perlengkapan lain yang kamu butuhkan

Pikirkan soal perlengkapan lain yang kamu perlukan saat bersepeda. Ini tergantung bagaimana kamu akan menggunakannya kelak. Kalau berencana bersepeda dengan intensitas tinggi, mungkin kamu perlu pompa dengan pengukur tekanan untuk menjaga tekanan ban. Lampu sepeda krusial jika kamu sering menggunakannya pada malam hari.

Kamu juga mungkin perlu pakaian yang membuatmu lebih mudah terlihat di jalan raya atau yang anti-air jika di daerahmu kerap turun hujan. Jangan lupakan juga yang paling penting, helm. Yang satu ini sebaiknya langsung kamu beli berbarengan dengan pembelian sepedamu.

5 Cara Memilih Sepeda untuk Anak

6 Hal Mendasar saat Memilih Helm Sepeda