Memiliki printer pribadi akan membantu kita dalam banyak hal, mulai dari menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas-tugas sekolah, hingga keperluan pribadi. Peranti ini tentu akan memberi nilai lebih bila kita memilih dengan tepat. Berikut ini, lima hal yang patut dipertimbangkan saat membeli printer.

1. Tujuan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan saat membeli printer adalah tujuan. Apakah nantinya perangkat ini hanya digunakan untuk mencetak dokumen? Dipakai untuk mencetak foto dan label atau mungkin lebih sering dibawa-bawa sambil bertemu dengan klien.

Hal tersebut patut dipertimbangkan agar pilihan lebih mengerucut. Dan, apabila ingin printer yang “serba bisa”, belilah printer multifungsi, yang tidak hanya dapat mencetak dokumen dan foto, tetapi juga bisa memindai, mengopi, dan berfungsi sebagai faksimile.

2. Teknologi

Selanjutnya adalah mempertimbangkan teknologi yang digunakan. Saat ini, terdapat teknologi printer inkjet dan laser. Printer inkjet menggunakan tinta sebagai bahan untuk mencetak, baik dokumen maupun foto. Sementara itu, printer laser menggunakan serbuk toner.

Printer laser memiliki kualitas lebih baik dibandingkan inkjet dalam mencetak teks atau dokumen karena resolusi tinggi. Sementara itu, printer inkjet disebut-sebut lebih unggul dalam mencetak foto. Nah, Anda harus mempertimbangkan, apakah nantinya alat ini lebih banyak digunakan untuk mencetak teks, atau lebih sering dipakai untuk mencetak foto. Tentukan pula, apakah printer monokrom sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, atau harus memilih printer warna yang tentu memiliki sejumlah kelebihan. Printer jenis dot matrix dan plotter juga patut dipertimbangkan karena fungsinya yang lebih spesifik.

3. Ukuran dan kecepatan

Pilihlah ukuran printer sesuai kebutuhan. Jika ingin digunakan di rumah, pilihlah printer agak besar atau sesuai meja kerja Anda. Namun, apabila perangkat tersebut nantinya lebih sering dibawa-bawa, pilihlah printer portabel yang simpel dan tidak terlalu berat sehingga nyaman ketika “diajak” bepergian.

Pertimbangkan pula kecepatan mencetak. Apakah kecepatan menjadi prioritas utama atau tidak. Bila Anda perlu mencetak banyak dokumen dalam waktu singkat, printer laser menjadi pilihan tepat dibandingkan jenis inkjet.

4. Fitur

Perkembangan teknologi telah membuat fitur pada printer semakin beragam. Untuk itu, cermati spesifikasi printer yang hendak dibeli—apakah fitur yang dimiliki sesuai ekspektasi. Bandingkan pula kelebihan dan kekurangan printer yang satu dengan lainnya, tak hanya soal fitur, tetapi juga desain.

Membeli printer nirkabel atau yang mempunyai fitur wireless yang dapat dihubungkan dengan ponsel pintar menjadi pilihan menarik di tengah fungsi ponsel yang semakin menyerupai sebuah komputer.

5. Harga dan purnajual

Pertimbangan tak kalah penting adalah harga. Pastikan mesin pencetak yang hendak dibeli memiliki harga sesuai anggaran. Semakin banyak fitur yang dimiliki, harga yang ditawarkan semakin tinggi. Namun patut diingat, printer yang mahal belum tentu bisa menjawab semua kebutuhan Anda dalam mencetak.

Yang terakhir harus diperhatikan saat membeli printer adalah purnajual. Pastikan merek printer yang dibeli cukup ternama dan memiliki layanan purnajual yang baik dan tersebar di berbagai tempat. Jangan lupa, pertimbangkan harga suku cadang, jangan sampai kita mampu membeli printer, tetapi ketika rusak, tidak mampu memperbaiki karena suku cadang mahal.