Dalam hal memilih laptop, seringkali orang memiliki banyak pertimbangan. Apalagi laptop saat ini telah menjadi perangkat yang sangat penting. Tak heran, pertimbangan dalam membeli laptop bisa cukup panjang.

Di masa sekarang ini, laptop berguna untuk mengerjakan pekerjaan kantor, tugas sekolah, atau rapat jarak jauh, dapat berjalan lancar dengan perangkat ini.

Jika berencana membeli laptop dalam waktu dekat, agar tidak salah pilih, berikut ini 5 hal yang patut kamu pertimbangkan.

 1. Kebutuhan

ketangguhan laptop untuk design

Pastikan kamu telah mempertimbangkan kebutuhan atau alasan membeli perangkat ini. Misalnya, apakah alat ini hanya digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas ringan seperti menulis, mengolah data atau pekerjaan kantor lainnya, atau akan digunakan untuk mendesain produk. Atau, sekadar untuk browsing dan melakukan tatap muka jarak jauh.

Mungkin juga hendak digunakan bermain gim daring dengan tampilan 3D. Hal tersebut patut dipertimbangkan karena spesifikasi yang diperlukan berbeda, baik memori, prosesor, maupun kartu grafis dan port pendukung.

2. Pengoperasian

hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop

Jangan sampai memiliki laptop membuat kamu bingung dan tidak nyaman saat mengoperasikannya. Oleh sebab itu, pilihlah sistem operasi (OS) dan aplikasi yang familier. Selain mempertimbangkan OS yang tidak mudah terserang virus, kamu juga harus memperhitungkan tingkat kompatibilitas dengan perangkat lain seperti printer, scanner, dan perangkat yang hendak dihubungkan. Pertimbangkan pula masalah ketersediaan pembaruan perangkat lunak.

Baca juga : 

3. Ketangguhan

perhatikan processor laptop saat membeli

Selain nyaman ketika digunakan dan dibawa ke mana-mana, pertimbangan dalam membeli laptop selanjutnya adalah ketangguhan. Pastikan bahan bagian luar yang digunakan kuat dan tahan terhadap benturan, seperti terjatuh ataupun terbentur benda keras. Begitu pula spesifikasi “jeroan” yang ada di dalam perangkat ini. Pastikan prosesor, media penyimpanan data, dan kartu grafis, serta baterai tidak cepat panas ketika diajak bekerja “berat”.

4. Model

Jika ingin digunakan dalam berbagai kondisi, belilah laptop standar dan umum digunakan. Namun, jika ingin yang lebih ringan dan semakin mudah saat dibawa bepergian, jenis netbook patut dipertimbangkan, tentu dengan spesifikasi di bawah laptop standar. Atau Anda bisa memilih laptop hibrida berlayar sentuh yang dapat difungsikan sebagai komputer tablet sehingga semakin mudah dan ringan saat dibawa-bawa.

5. Merek dan purnajual

Laptop yang dijual di pasaran, baik di toko komputer di mal-mal maupun yang tersedia pada toko daring, memiliki beragam harga, varian, dan merek. Pilihlah laptop dengan merek ternama yang sudah terbukti ketangguhan dan purnajualnya, tentu dengan harga relatif mahal. Namun, bila dana terbilang pas-pasan, pilihlah laptop yang tetap memperhatikan garansi dan layanan purnajual. Hal ini untuk mengantisipasi saat perangkat ini mengalami masalah.

Leave a Response