Demam Korea kini sedang menjangkiti seluruh masyarakat dunia. Untuk berada di tahap ini, bisa dibilang tak terjadi dalam waktu yang singkat. Sejak generasi pertama, para grup idola berusaha menciptakan formula agar K-Pop semakin dikenal lebih banyak orang.

Hadirnya Blackpink dan BTS membuat K-Pop semakin mendunia. Melalui dukungan agensi dan talenta anggotanya, kedua grup ini mampu bersaing dengan musisi di kancah internasional. Dari situ, grup-grup idola baru pun makin banyak bermunculan.

Bahkan, salah satu anggota Blackpink asal Thailand, Lisa, berhasil menorehkan namanya di Guinness World Records. Dalam Kamjagiya Korea! episode “Blackpink Catat Guinness World Record” dengan tautan dik.si/KamKorLisaBP disebutkan perempuan ini bahkan berhasil mencatatkan tiga rekor.

Lantas, mengapa grup idola Korea ini sangat populer belakangan ini, bahkan mampu mendobrak dunia internasional?

Lagu yang Easy Listening dengan Lirik yang Catchy

Mengutip Washington Post, faktor pertama yang membuat grup idola Korea banyak diminati adalah karena mereka memiliki lagu-lagu bagus. Meskipun bahasa yang digunakan mungkin tak familier di telinga banyak orang, namun mereka berhasil menutupinya dengan penggunaan nada yang easy listening.

Beberapa lagu K-Pop banyak menggunakan formula: intro, verse 1, bridge, dan hook. Selain itu, di dalam hook biasanya diselipkan juga kata berbahasa Inggris yang mudah diikuti. Misalnya, dalam lagu “Sorry Sorry” milik Super Junior dan “Tell Me” milik Wonder Girls.

Namun, seiring berkembangnya musik K-Pop, produser pun semakin giat berinovasi. Kini, bermunculan pula musik-musik eksperimental yang memadukan berbagai macam nada dalam satu lagu bak “Bohemian Rhapsody” milik Queen, misalnya “Dice” oleh NMIXX.

Konsep Grup Disertai Promosi yang Unik

Konsep-konsep yang unik menjadi pembeda grup idola asal Korea dengan negara lainnya. Setiap tahunnya, grup-grup baru dari berbagai agensi pun muncul. Hal ini menyebabkan persaingan di pasar pun semakin sengit. Itu sebabnya, agensi harus mampu menciptakan konsep unik yang membedakan grup asuhannya.

Salah satu grup yang sedang digandrungi banyak orang adalah NewJeans. Grup besutan Ador yang beranggotakan lima gadis remaja ini dinilai memiliki konsep yang unik. Saat waktu debut, agensi dengan CEO Min Hee Jin ini tak mengeluarkan lini masa atau konsep foto sebagai teaser.

Mereka justru langsung mengunggah musik video “Hype Boy”, “Attention”, dan “Hurt” yang membuat publik bertanya-tanya. Sebulan kemudian, mereka pun mengunggah video musik terakhir “Cookie” disertai publikasi lagu di berbagai kanal streaming. Publik menilai promosi grup ini pun dinilai tak biasa.

Berani Mencoba ke Pasar Global

Alasan lainnya yang membuat K-Pop semakin mendunia adalah agensi Korea yang mampu membuka peluang bagi masyarakat dunia untuk terjun dalam industrinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya perekrutan trainee secara global hingga survival show seperti “Girl’s Planet 999” dan “I-Land”.

Selain itu, beberapa grup idola pun berani mengeluarkan lagu dengan lirik berbahasa Inggris agar menarik minat banyak orang. Misalnya, “Butter” oleh BTS hingga yang terbaru ada “Moonlight Sunrise” oleh TWICE.

 Fandom yang Loyal

Tak bisa dimungkiri bahwa penggemar adalah kunci kesuksesan dari suatu grup idola. Grup-grup idola yang sukses terbukti memiliki penggemar yang loyal. Mereka bahkan tak berpikir dua kali saat membeli merchandise, album, hingga tiket konser idola mereka.

Hal inilah yang kemudian menarik para brand untuk berkolaborasi dengan para grup idola. Salah satunya adalah kolaborasi McDonalds X BTS yang memberikan keuntungan hingga 57 persen, yaitu sebesar Rp85,3 triliun.

Itu dia, empat alasan mengapa K-Pop sangat sukses merajai kancah internasional. Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar idol hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! hanya di Spotify.

Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media. Akses juga episode ini melalui tautan dik.si/KamKorLisaBP.

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata