Tradisi merayakan ulang tahun di berbagai negara ternyata ada bermacam-macam. Salah satu tradisi yang sering kita lihat di televisi adalah meniup lilin di atas kue ulang tahun. Ini adalah tradisi yang biasa dilakukan di Amerika Serikat. Namun, bagaimana bentuk perayaan ulang tahun di negara lainnya?

India
Sebagai negara dengan penganut agama Hindu terbanyak, India memiliki tradisi ulang tahun yang unik. Di negara ini, setiap anak yang merayakan ulang tahun pertama akan dicukur habis rambutnya. Hal ini merupakan simbol membuang aura negatif yang terjadi di kehidupan lalu.
Terkadang, anak yang berulang tahun juga mengenakan baju yang cerah dan membagikan cokelat kepada teman sekolahnya. Setelah itu, mereka akan bersimpuh di kedua kaki orangtua sebagai rasa hormat. Tak lupa rasa syukur juga dipanjatkan dengan mengunjungi kuil untuk berdoa.

Korea
Perayaan ulang tahun di negara ini dilakukan saat anak berusia 100 hari. Berbagai makanan seperti roti beras yang terbuat dari kacang merah dan hitam serta madu dibagikan kepada keluarga dan teman. Sesuai tradisi, semakin banyak makanan yang dibagikan, semakin baik. Menurut mitos, membagikan 100 kue ini akan membuat hidup anak bahagia pada masa mendatang.

Vietnam
Di Vietnam, tradisi merayakan tahun baru dianggap sebagai hari ulang tahun semua orang. Oleh sebab itu, tahun baru menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu. Selain itu, ketika merayakan hari lahir, anak-anak akan diberi amplop merah berisi uang atau yang dikenal dengan sebutan angpau. [INO]

foto: shutterstock

Leave a Response