Otomotif kelelahan mudik

Published on June 3rd, 2019 | by Benedictus Yurivito

2

Waspadai Kelelahan, Inilah Tips Mudik dengan Berkendara

Walaupun jalur mudik tahun ini diperkirakan akan lancar, Anda tetap harus waspada saat berkendara, terutama saat badan mulai lelah. Kelelahan tidak bisa disepelekan. Tahun ini diperkirakan jalur mudik sudah tidak akan semacet dulu, tetapi tetap saja perjalanan jauh itu melelahkan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengatasi kelelahan.

1. Manfaatkan “Rest Area”

kelelahan mudik

Duduk terlalu lama akan membuat otot-otot menjadi tegang. Apalagi dalam menyetir, otot leher akan menjadi tegang. Mata pun bisa menjadi lelah. Nah, untuk itu, gunakanlah rest area untuk melakukan peregangan.

Beberapa rest area pun kini sudah menawarkan banyak fasilitas lengkap. Anda bisa melakukan peregangan di sana, sembari mengisi bensin. Jika mengantuk, Anda bisa tidur sejenak di sana. Beberapa rest area juga menyediakan fasilitas pijat untuk Anda yang merasa pegal-pegal.

2. Bawa camilan

kelelahan mudik

Perjalanan darat mengharuskan Anda harus selalu konsentrasi sepanjang perjalanan. Hal ini tentunya menguras energi dan kadang membuat kelaparan. Kondisi ini tentunya membahayakan Anda. Untuk itu, selalu sediakan camilan seperti roti atau kue-kue kering. Untuk camilan, lebih baik pilih yang tidak membuat cepat haus alias rendah garam dan MSG.

3. Siapkan P3K dan obat-obatan

kelelahan mudik

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan medis, terutama obat-obatan. Hal ini untuk mengantisipasi tubuh Anda yang tiba-tiba jatuh sakit karena energi dan pertahanan tubuh menurun. Selalu sediakan air mineral untuk mengatasi kemungkinan dehidrasi karena terlalu lama menyetir. Minum kopi diperbolehkan, asal jangan berlebihan.

4. Menginaplah jika dibutuhkan

kelelahan mudik

Foto-foto: Shutterstock.com

Terkadang, saat tubuh benar-benar lelah, yang dibutuhkan adalah tidur yang lebih panjang. Jika peregangan dan atau kafein sudah tidak bisa menahan kantuk, berarti Anda harus berhenti dan tidur. Pilihlah penginapan yang aman dan nyaman. Gunakanlah aplikasi travel untuk memilih atau mencari penginapan.

Tags: , ,


About the Author



2 Responses to Waspadai Kelelahan, Inilah Tips Mudik dengan Berkendara

  1. Pingback: Pahami Risiko Kerugian Ini sebelum Memutuskan Investasi Properti

  2. Pingback: Waspada Ngantuk, Berkendara Tetap Aman Saat Arus Balik

Leave a Reply

Back to Top ↑